Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media edukasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa

Authors

  • Ariel Anastasia Damara
  • Buyung Adi Dharma Universitas Negeri Malang

Keywords:

learning media, learning motivation, Instagram, media pembelajaran, motivasi belajar

Abstract

This research and development aims to produce Instagram-assisted interactive learning media products that can help increase the learning motivation of class X OTKP students at SMK PGRI 6 Malang. This study uses the type of research and development of the adapted Borg and Gall model. The data analysis technique used is descriptive percentage and paired sample t-test. Data collection techniques in this study include observation, interviews, and questionnaires. The results of this study are interactive learning media products assisted by Instagram which are declared feasible by validators and users. The developed learning media can increase students' learning motivation after being applied in learning, as evidenced by hypothesis testing which shows that there are differences in students' learning motivation after applying Instagram-assisted interactive learning media during the learning process.

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbantuan Instagram yang dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X OTKP SMK PGRI 6 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan model Borg and Gall yang disesuaikan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase dan uji paired sample t-test. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini berupa produk media pembelajaran interaktif berbantuan Instagram yang dinyatakan layak oleh validator dan pengguna. Media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa setelah diterapkan dalam pembelajaran, dibuktikan dengan uji hipotesis yang menunjukkan adanya perbedaan motivasi belajar siswa setelah diterapkan media pembelajaran interaktif berbantuan Instagram selama proses pembelajaran.

References

Aini, N. K., Kusdiyanti, H., & Churiyah, M. (2021). Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan M-Learning Berbasis Android di SMK Muhammadiyah 5 Kepanjen Malang (Learning Media Used For Online Learning During The Covid-19 Pandemic). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 1(1), 71–77. https://doi.org/10.17977/um066v1i12021p71-77

Astuti, & Indri, I. (2021). Platform Instagram Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Peserta Didik. Jurnal Civic Hukum, 6(2). https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/view/17680

Azmi, M. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Instagram pada Mata Pelajaran Arsip Elektronik di SMKN 1 Lamongan. Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/194323/

Basuki, A., Suputra, I. N., Dharma, B. A., & Sakdiyyah, D. A. (2021). Maximizing the Adoption of Educational Technology for Learning in OTKP Competencies in the Post-Covid-19 Digital Era. Seventh Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2021), 296–301. https://www.atlantis-press.com/proceedings/piceeba-21/125963977

Churiyah, M., Subagyo, S., Basuki, A., Dharma, B. A., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Mobile learning application berbasis android: Peran guru dalam pembelajaran peserta didik gen z & alfa. Jurnal Graha Pengabdian, 2(4), 283–295. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/17742

Dharma, B. A., Basuki, A., Churiyah, M., Arief, M., & Machabbatulillah, V. N. (2021). Interactive Learning Media Innovation Based on Digital Correspondence Management for Office Administration Students in Indonesia to Improve Learning Outcomes. Seventh Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2021), 302–308.

Fatahillah, Tantri, R., & Saryanto. (2018). Pentingnya Guru Memahami Hakikat Belajar untuk Menumbuhkan Perhatian dan Motivasi Belajar Siswa. Majalah kreasi STKIP MPL, 33–39.

Febrianti, F. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 667–677.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 181–188. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/571

Halawa, M. V. B. (2022). Efektivitas Pemanfaatan Platfrom Media Sosial dalam Pembelajaran Praktikum Secara Daring. Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability, 4(1). https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/download/216/149

Hartatiek, Yudyanto, Winarto, Edi Supriana, Taufiq, A., & Markus Diantoro. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Dari Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa MTs Nurul Ulum Malang. Jurnal Karinov, 1(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/jki/article/view/4100

Hidayat, S., Nugraha, Y., & Firmansyah, Y. (2021). Memanfaatkan Teknologi Media Sosial Instagram pada Kegiatan Pembelajaran dengan Menggunakan Metode Poster in Instagram (Postingan Terbaik). CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 135–144. https://doi.org/10.36805/civics.v6i1.1342

Idzhar, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Jastisia, I., Salsabila, A., & Afifah, S. (2022). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Edukasi Terhadap Piso Suhul Gading Khas Suku Batak Simalungun. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Culture Studies, 7(1), 84–92. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/11851/pdf

Karo-Karo, I. R., & Rohani. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. 7(1), 91–96. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/1778

Kurniawati, I. D., & Sekreningsih Nita. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick

Maesaroh, M., & Sari, R. R. (2018). Instagram Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Bahasa Arab Mahasiswa. Pusat Pengembangan Bahasa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 1–11. https://www.google.com/search?safe=

Novianti, E. W., Arcana, I. N., & Taufiq, I. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis instagram pada pokok bahasan grafik fungsi untuk siswa SMA. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 333–343. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/8820

Rahim, M., Erawan, E., & Alfando, J. (2018). Motif Penggunaan Instagram Story. eJornal Ilmu Komunikasi, 6(3), 263–275.

Rahmania, S., & Bagus Takwin. (2020). Instagram: From Media Sharing Network to Learning Resource. Edcomtech, 5(1), 97–108. http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/11851/pdf

Rijoly, H. M., & Emelia M. Tuhumury. (2019). Instagram Sebagai Alat Penilaian Ketrampilan Berbicara dan Strategi Peningkatan Keterlibatan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas 7.1 SMP N 6 Ambon. Jurnal Tahuri, 16(2), 23–34. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/tahuri/article/download/1360/1121

Rohim, A. M., & Yulianti, D. (2020). Pembelajaran Fisika Berbantuan Aplikasi Instagram untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2), 149–157. https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41921

Sari, L. S., & Rahayu, W. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Instagram untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis pada Siswa Kelas X SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Prosiding Seminar Nasional KBK, 1(4). http://conference.um.ac.id/index.php/mnj/article/view/1903

Silvia, & Bukhori, I. (2021). Pengembangan Mobile Learning Menggunakan Adobe Animate CC untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Economics and Education Journal (Ecoducation), 3(1), 110–124. https://doi.org/10.33503/ecoducation.v3i1.1252

Sinaga, R. M., Trisnaningsih, Pujiati, & Sudarmansyah, D. (2019). Development of Learning Media Based on Mobile Learning Application. Jurnal Pendidikan Progresif, 9(1), 50–58. https://doi.org/10.23960/jpp.v9.i1.201907

Suarsini, N., Wesnawa, I., & Kertih, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Berbasis Media Sosial Instagram untuk Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 72–81. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3386

Thomas, R. B., Johnson, P. T., & Fishman, E. K. (2018). Social Media for Global Education: Pearls and Pitfalls of Using Facebook, Twitter, and Instagram. Journal of the American College of Radiology, 15(10), 1513–1516. https://doi.org/10.1016/j.jacr.2018.01.039

Umami, D. A. (2019). Hubungan Media Pembelajaran Dan Minat Terhadap Motivasi Mahasiswi Tingkat Iiikebidanan Widya Karsa Jayakarta. Journal Of Midwifery, 7(1), 6–16. https://doi.org/10.37676/jm.v7i1.766

Usfa, D. R., Sukmayadi, T., & ‘Ainurrohmah, S. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Media Video Pada Pembelajaran Daring Materi Jaring-Jaring Makanan. Journal nasional, 1161–1176.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles