Pengembangan media pembelajaran berbasis web desain wix untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Authors

  • Erwin Suriansyah Universitas Negeri Malang
  • Aniek Indrawati Universitas Negeri Malang

Keywords:

Learning Media, Wix Web Design, Learning Outcomes, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Learning media is everything that is used to convey information in learning activities. This research and development aims to produce a learning media product for the Wix web design, test the feasibility of the product, and find out the differences in learning outcomes for class X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi by comparing pretest and posttest learning outcomes. This type of research is development research with research procedures from Borg and Gall. Validation is done to media experts and material experts who have met the criteria. The results of the assessment from the validator stated that the product was very feasible. Then small group trials were conducted with 6 students and large group trials with 18 students. Data collection techniques using a questionnaire. While the analysis of learning outcomes in this research and development, uses the normality test and paired sample t-test assisted by the SPSS application. The result is that there are differences in pretest and posttest cognitive learning outcomes, namely differences before and after using the Wix web design learning media product.

Media pembelajaran ialah segala jenis sesuatu guna dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi dalam kegiatan pembelajaran. Pada penelitian serta pengembangan ini bermaksud menciptakan produk media pembelajaran web desain wix, membuktikan kelayakan produk, dan melihat perbedaan hasil belajar kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi dengan membandingkan hasil belajar pretest dan posttest. Kategori penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan yang mengarah pada desain penelitian dari Borg dan Gall. Validasi dilaksanakan pada ahli media dan ahli materi yang sudah memenuhi kriteria. Hasil penilaian dari validator menyatakan produk sangat layak. Kemudian uji coba kelas kecil dilakukan kepada siswa sebanyak enam peserta didik dan uji coba kelas besar sejumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan analisis hasil belajar dalam penelitian dan pengembangan ini, memakai uji normalitas dan paired sample t - test berbantuan aplikasi SPSS. Adapun hasilnya adalah terjadi perbedaan hasil belajar kognitif pre test dan post test, yakni ada perbandingan sebelum dan sesudah memakai produk media pembelajaran web desain wix.

References

Astuti, L., Wihardi, Y., & Rochintaniawati, D. (2020). The Development of Web-Based Learning using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic. Journal of Science Learning, 3(2), 89–98. https://doi.org/10.17509/jsl.v3i2.19366

Banindro, B. S. (2019). Pengembangan techno virtual berbasis website sebagai media pembelajaran rekayasa visual blender 3d bagi mahasiswa desain produk. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(01), 102–114. https://doi.org/10.33633/andharupa.v5i01.1965

Fatahillah, A., Puspitasari, I. D., & Hussen, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran Schoology berbasis web dengan GeoGebra untuk meningkatkan literasi TIK pada fungsi kuadrat. 5, 304–316. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.10692

Kemendikbud. (2021). Panduan penyelenggaraan pembelajaran tatap muka tahun akademik 2021/2022. https://www.kemdikbud.go.id/main/files/download/8b4ebf61f4035e5

Kistofer, T., Permadi, G. S., & Vitadiar, T. Z. (2020). Digital learning system (dls) sebagai model pengembangan media pembelajaran mata kuliah sistem digital berbasis website di jurusan teknik informatika universitas hasyim asy’ari tebuireng Jombang. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 6(2), 81–89. https://doi.org/10.26905/jtmi.v6i2.4976

Maemunah Sa’diyah, A. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis website terhadap motivasi belajar siswa di MAN 1 kota Bogor. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(2), 547–553. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v4i2.338

Pungky, A. P. & I. G. P. A. B. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis web (web based learning) pada mata pelajaran dasar kompetensi kejuruan pada siswa kelas XII TEI, di SMK negeri 1 sukorejo, Pasuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Rahman, K. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis website untuk mata pelajaran programmable logic controller (plc) pada SMK darussalam makassar. Jurnal Inspiration, 06(02), 13. https://jurnal.akba.ac.id/index.php/inspiration/article/viewFile/2420/77

Rodiyansyah, S. F., Sutarno, H., & Siahaan, P. (2009). Studi komparasi antara hasil pembelajaran berbasis komputer menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw dengan metode konvensional. 2(2), 47–52. http://file.upi.edu/Direktori/jurnal/pendidikan_tik/jurnal_pend_tik_vol_2_no_2/studi_komparasi_antara_hasil_pembelajaran_berbasis_komputer__menggunakan_metode_cooperative_learning_tipe_jigsaw_dengan_metode_konvensional.pdf

Sari, H. V., & Suswanto, H. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis web untuk mengukur hasil belajar siswa pada mata pelajaran komputer jaringan dasar program keahlian teknik komputer dan jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(7), 1008–1016. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9734/4593

Sonny, R. M. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran simulasi digital kelas x di SMK. Tesis Sebagai, 4, 9–15.

Subi’ah. (2018). Pemanfaatan media gambar acak ( picture and picture ) untuk meningkatkan prestasi belajar bahasa indonesia. 57–64.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).

Sultonik, A., Siddik, M., & Sudarman, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis website APPSGEYSERS tema lingkungan sahabat kita kelas V SD Muhammadiyah 2 full day education Sangata Utara. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.454

Suparti. (2016). Metode penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Nuevos Sistemas de Comunicación e Información, 40.

Syaiful, R., Wahid, M., & Ega, T. B. (2014). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis website pada proses pembelajaran produktif di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137–145.

Wijaya, I., & Firmansyah, D. (2018). Perancangan dan pembuatan media pembelajaran berbasis android mata pelajaran teknologi perkantoran (studi kasus kelas X otps SMK negeri 3 Padang). Pendidikan Teknologi Informasi, 5(2), 9–20. http://lppm.upiyptk.ac.id/ojsupi/index.php/pti/article/view/130

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles