E-modul berbasis problem based learning dapat meningkatkan keterampilan praktikum siswa

Authors

  • Shofia Fitrotuz Zuhro Universitas Negeri Malang
  • Andi Basuki Universitas Negeri Malang

Keywords:

E-module, problem based learning, AnyFlip, practical skills, keterampilan praktikum

Abstract

This study aims to develop an e-module as measured by a practical skill test in the control and experimental classes. Research type Research and Development. Research subjects include module experts and material experts, small group and large group test subjects. The data collection instruments used include validation sheets, user questionnaires, and practical skills test sheets. The data analysis technique used validity test, normality data test and independent sample t-test. The results showed: (1) The product developed was an e-module based on problem based learning assisted by AnyFlip, (2) the product feasibility result was 92.15% indicating that the e-module product was feasible to be used as a source of student learning, and (3 ) The test results of the e-module product show that there is an increase in the average practicum skills in the experimental class, which is 16.79 > from 15.82 in the control class and there is a significant difference in the practicum skill level, the value of sig. (2-tailed) is 0.002.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul yang diukur dengan tes keterampilan praktikum pada kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian berjenis Research and Development. Subyek penelitian meliputi ahli modul dan ahli materi, subjek uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi lembar validasi, angket pengguna, dan lembar tes keterampilan praktikum. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji data normalitas dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Produk yang dikembangkan adalah sebuah e-modul berbasis problem based learning berbantuan AnyFlip, (2) hasil kelayakan produk adalah 92,15% menunjukkan bahwa produk e-modul layak untuk digunakan sebagai sumber belajar siswa, dan (3) Hasil uji coba produk e-modul menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata keterampilan praktikum pada kelas eksperimen yaitu 16,79 > dari 15,82 pada kelas kontrol dan terdapat perbedaan tingkat keterampilan praktikum secara signifikan yaitu nilai sig. (2-tailed) adalah 0.002.

References

Argusni, R., & Sylvia, I. (2019). Implementasi Pelaksanaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas XI IIS SMAN 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.9

Basuki, A., Mahnunah, A., Churiyah, M., Arief, M., & Dharma, B. A. (2020). Electronic Module Practices Development for Office Technology Course to Produce Advanced Administrative Teachers. 152, 356–365. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.201126.039

Borg, W. R., and Gall, M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. New York: Longman Inc.

Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289

Dewi, A. S., Sitompul, H., & Napitupulu, E. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi SMA. 5(2).

Dirgatama, C. H. A., Th, D. S., & Ninghardjanti, P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Mengimplementasi Program Microsoft Excel Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Di Smk Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 36–53. https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/19138

Dwijayani, N. M. (2019). Development of learning media to improve student learning outcomes. Teni Nurrita, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Eliyart, E., & Rahayu, C. (2021). Deskripsi Keterampilan Dasar Laboratorium Mahasiswa Teknik pada Praktikum Kimia Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.143

Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. EduSains, 4(2), 94–103.

Giovani, C. D., Hidayat, A., & Mariam, P. (2018). Pemanfaatan Video Tutorial MYOB Terhadap Keterampilan Siswa dalam Mengoperasikan Aplikasi Komputer Akuntansi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(1), 49–60. http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/315

Handayati, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Dengan Memanfaatkan Fitur Rumah Belajar Pada Pada Mata Pelajaran Ipa. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(4), 369–384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61

Hasanah, A., & Utami, L. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 5(2), 56–64. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA

Hastuti, P., Thohiria, R., & Panggabean, Y. (2020). Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran Volume 4 Nomor, 4(2), 0–5.

Holib Wijayanti, Churiyah, M., Basuki, A., & Dharma, B. A. (2019). Meningkatkan Hasil dan Kemandirian Belajar Melalui Modul berbasis Learning Cycle 5E Hol.

Inanna, Nurjannah, Ampa, A. T., & Nurdiana. (2021). Media Pembelajaran Modul Elektronik (E-Modul) sebagai Sarana Pembelajaran Jarak Jauh. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 1–4.

Ismiarti, D. R., & Nikmah, C. (2020). Pengembangan E-Modul Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian Berbasis Android Pada Materi Semester Gasal Kelas XI OTKP 2 di SMK PGRI 2 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 28–38. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8938

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 12(1), 29–40.

Masruroh, D., & Agustina, Y. (2021). E-modul berbasis Android sebagai pendukung pembelajaran daring dan upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(6), 559–568. https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p559-568

Nabilah, N., & Wahyuningsih, U. (2021). Pengembangan Handout Digital Anyflip pada Materi Menganalisis Limbah Busana Sub Tema Outer Origami. Jurnal Tata Busana, 10, 38–46.

Nisa, U. M. (2017). Metode Praktikum untuk Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MI YPPI 1945 Babat pada Materi Zat Tunggal dan Campuran. Journal Biology Education, 14(1), 62–68.

Nurtanto, M., Fawaid, M., Mesin, P. T., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2012). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar psikomotor dengan metode.

Pertiwi, P., & Masugiono. (2017). Pengembangan modul elektronik berbasis problem based learning pada kompetensi merawat sistem rem sepeda motor untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, X(2), 1–10. https://jurnal.uns.ac.id/jptk

Prasetya, I. G. A. S., Wirawan, I. M. A., & Sindu, I. G. P. (2017). Pengembangan E-Modul Pada Mata Pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak Kelas Xi Dengan Model Problem Based Learning Di Smk Negeri 2 Tabanan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14(1), 96–105. https://doi.org/10.23887/jptk.v14i1.9885

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440

Setiarini, K. P., Agustini, K., & Sunarya, I. M. G. (2016). Pengaruh E-Modul Berbasis Metode Pembelajaran Problem Bases Learning terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar (Studi Kasus: Kelas X Multimedia di SMK Negeri 3 Singaraja). KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 5(2), 65–72.

Shofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Widya, C., Makassar, U. N., Arafah, K., Makassar, U. N., Makassar, U. N., & Praktikum, K. (2020). Penerapan LKPD Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Praktikum Peserta Didik. 1, 72–79.

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles