Peningkatan hasil belajar menggunakan Ispring Suite 9 berbasis android bagi siswa SMK di Malang

Authors

  • Zahra Ramadhani Universitas Negeri Malang
  • Agung Winarno Universitas Negeri Malang

Keywords:

android, learning outcomes, ispring suite 9, instructional media, hasil belajar, media pembelajaran

Abstract

Learning with the involvement of information technology is a necessity in order to achieve the level of effectiveness of student learning outcomes. This study aims to determine whether the Android-based Ispring Suite 9-assisted learning media can improve the learning outcomes of SMK students. This research adopted the stages proposed by Borg and Gall which were modified into 8 stages, the target of the trial were students of the OTKP study program in Malang. Validation to test the feasibility was carried out by media and material experts, media trials were carried out in the control and the experimental class. Analysis of student learning outcomes using the independent sample t-test test Sig. (2-tailed). The results showed that in addition to the media considered to have the feasibility of being used in the learning process by experts, the use of Android-based Ispring Suite 9-assisted media was effective in improving student learning outcomes.

Pembelajaran dengan pelibatan penjelasan teknologi menjadi kebutuhan guna mencapai tingkat efektifitas hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah media pembelajaran berbantuan Ispring Suite 9 berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SMK. Pengembangan dalam penelitian ini mengadopsi tahapan yang dikemukakan Borg and Gall di modifikasi sebagai 8 tahapan, sasaran uji coba adalah siswa prodi OTKP di Malang. Validasi menguji kelayakan dilakukan ahli media dan ahli materi, uji coba media dilakukan pada 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Analisis hasil belajar siswa menggunakan uji independent sample t-test diketahui nilai Sig. (2-tailed). Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain media dinilai memiliki kelayakan digunakan dari para ahli dalam proses penelaahan, penggunaan media berbantuan Ispring Suite 9 berbasis android berhasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ariyanti, D., Mustaji, & Harwanto. (2020). Multimedia Interaktif Berbasis Ispring Suite 8. Education and Development, 8(2), 381–389.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Buchori, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Kemampuan Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104–115.

Daryanto, S. D. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dasmo, Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9. Proceeding.Unindra.Ac.Id, 99–102.

Hadi, K., & Putriani, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Hasil Belajar Matematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 45.

Himmah, F., & Martini. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Kelas VIII. Pensa: Jurnal Pendidikan Sains, 5(02), 73–82.

Jannah, M., Husnah, A., & Nurhalimah, S. (2020). Pembuatan Aplikasi Android dengan Cepat Menggunakan Ispring untuk Menunjang Pembelajaran Secara Daring. Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 66–72.

Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar peserta didik. Jurnal BIOLOKUS, 2(1), 158–166.

Khoiriah, Jalmo, T., & Abdurrahman. (2016). The Effect of Multimedia-Based Teaching Materials in Science Toward Students Cognitive Improvement. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 75–82.

Koriaty, S., & Agustani, M. D. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Siswa Kelas X TKL SMK Negeri 7 Pontianak. Jurnal Edukasi, 14(2), 277–288.

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68–75.

Lestari, H. D., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan e-modul IPA bermuatan tes online untuk meningkatkan hasil belajar. Journal of Education Technology, 4(1), 73–79.

Martiningsih, R. (2018). The Increase of Set Learning Outcomes By Using iSpring Suite 8 Aplication. Teknodik, 22(1), 1–13.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659–663.

Nurwijayanti, A., Budiyono, & Fitriana, L. (2019). Combining Google SketchUp and Ispring Suite 8: A Breakthrough to Develop Geometry Learning Media. Jurnal on Mathematics Education, 10(1), 105–116.

Purwanto, M. N. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126.

Rahmawati, A., Triwoelandari, R., & Nawawi, M. K. (2021). Pengembangan Media iSpring Pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 304–318.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188–201.

Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 25–30.

Sari, D. P., & Dewi, R. M. (2017). Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 di MAN Mojosari. 5(1), 1–8.

Sawawa, D., Solehudin, A., & Sabri, S. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dan Elemen Mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 21–26.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode penelitian dan pengembangan. Res. Dev. D, 2015, 39–41.

Sumargono, Susanto, H., & Rachmedita, V. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbantuan ISpring Suite 6.2 untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 2(1), 82–99.

Wibawanti, D., Andi, , Benardi, I., & Geografi, J. (2021). Pengaruh Penggunaan Media E-learning Berbantuan Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 16 Semarang. Journal.Unnes.Ac.Id, 9(1).

Wijayanto, P. A., Ataya, S., & Astina, I. K. (2017). Increasing Student’s Motivation and Geography Learning Outcome Using Active Debate Method Assisted by Ispring Suite. International Journal of Social Science and Management, 4(4), 240–247.

Downloads

Published

2022-02-28

Issue

Section

Articles