Pengaruh lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi perkantoran

Authors

  • Az Zahra Nur Amalia Setyaningrum Universitas Negeri Malang
  • Imam Bukhori Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i12021p15-23

Keywords:

learning environment, learning independences, learning outcomes, lingkungan belajar, kemandirian belajar, hasil belajar

Abstract

Abstract

A good and comfortable learning environment can help students to concentrate and increase learning creativity. Learning independency is needed so that students may be responsible and capable to develop learning abilities by themselves. This research is a descriptive-correlational quantitative study which aims to obtain an overview of the variables studied and find whether there is an influence between each variable. This study applied three models of classical assumption test: (1) normality test; (2) heteroscedasticity test; (3) multicollinearity test. The data analysis techniques of this study were: (1) descriptive statistic analysis; (2) multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) the learning environment of the students may be classified as good, the independence of the students was good, and most of the students had good learning outcomes; (2) there is a significant positive influence of the learning environment on the learning outcomes of the Office Technology;(3) there is a significant positive influence of learning independence on learning outcomes of the Office Technology; (4) there is a significant positive influence of the learning environment and learning independence on the learning outcomes of the Office Technology.

Abstrak

Lingkungan belajar yang baik dan nyaman dapat memudahkan peserta didik untuk berkonsentrasi dan meningkatkan kreativitas belajar. Kemandirian belajar peserta didik diperlukan agar peserta didik mempunyai tanggung jawab dan mampu mengembangkan kemampuan belajar atas kemauan sendiri.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif-korelasional yaitu penelitian dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan menemukan ada tidaknya pengaruh antara masing – masing variabel. Dalam penelitian ini menggunakan tiga model uji asumsi klasik, yaitu: (1) uji normalitas;(2) uji heteroskedastisitas;(3) uji multikolinieritas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: (1) analisis statistik deskriptif; (2) analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) lingkungan belajar pada peserta didik dapat diklasifikasikan baik, kemandirian peserta didik baik, dan sebagian besar peserta didik memiliki hasil belajar yang baik; (2) ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan belajar terhadap hasil belajar; (3) ada pengaruh positif yang signifikan antara kemandirian belajar; (4) ada pengaruh positif yang signifikan antara lingkungan belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar.

References

Smp, P. D. D. S. M. P. Arikunto, S.(2013). Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Sugiyono.(2014). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Jurnal Ppkn. Unj Online, 1(2), 2337-5205.Baharuddin. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Cooper, D. R., & Emory, W. (1995). Business Research Methods. (Terjemahan: Ellen Gunawan dan Imam Nurmawan), Homewood, IL: Richard D. Irwin.

Dimyati, M. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta.

Dwisavitri. N. (2012). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Mengelola Kartu Peredian Peserta didik Kelas XI Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia, 1(2).

Sanjaya, H. Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (VIII). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Guo, J., Yang, L., & Shi, Q. (2017). Effects of perceptions of the learning environment and approaches to learning on Chinese undergraduates’ learning. Studies in Educational Evaluation, 55, 125-134.

Hamalik, O. (2001). Proses belajar mengajar.

Hidayat, M. (2017). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX IPS di MAN Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1), 103-114.

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Prenada Media.

Kuncoro, M. (2004). Metode Kuantitatif: Teory dan aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Ed 2.

Kurniasari, F. W. (2013). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SMPN 3 Wonosobo. OIKONOMIA-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(3).

Kurniawan, E. A. (2014). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sikap Ilmiah Dalam Metode Eksperimen Berbasis Verifikasi Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 2 Wonosobo Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Pendidikan Fisika-FKIP).

Nurhayati, E. (2018). Psikologi pendidikan inovatif (Vol. 2). Pustaka Pelajar.

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas xi ips sma negeri 1 sewon bantul tahun ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1).

Pratiwi, I., & Widayati, A. (2012). Pembelajaran Akuntansi Melalui Reciprocal Teaching Model Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemandirian Belajar dalam Materi Mengelola Administrasi Surat Berharga Jangka Pendek Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2).

Purwanto, N., & Pd, M. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ranti, M. G., Budiarti, G., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahapeserta didik pada Matakuliah Struktur Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1): 75-83.

Saragih, D. K. (2017). Pengaruh Kemandirian, Gaya Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK PGRI 3 Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 29-41.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudikno, I. S. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Disiplin Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Taman Pemalang. Economic Education Analysis Journal, 3(1).

Sudjana, N. (2013). Dasar – Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suliyanto, S. E., & Si, M. (2006). Metode Riset Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suratno, S. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Pergaulan Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa. Dinamika Pendidikan, 9(1).

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Umar, H. (2016). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. PT. RajaGrafindo Persada.

Komputer, W. (2012). Solusi Praktis & Mudah menguasai SPSS 20 Untuk Pengolahan Data. PenerbitWahana Komputer Semarang & ANDY Yogyakarta.

Walgito, B. (2010). Bimbingan dan konseling (Studi dan Karir). Yogyakarta: CV Andi Offset.

Wulansari, L. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Minat Terhadap Prestasi Belajar Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Survei Pada Sekolah Menengah Pertama Swasta. Jurnal Faktor UNINDRA, 3(2), 141-156.

Yana, E., & Nurjanah, N. (2014). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ciledug Kabupaten Cirebon. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Downloads

Published

2021-01-30

Issue

Section

Articles