Pengaruh literasi keuangan syariah dan religiusitas terhadap keputusan pengambilan pembiayaan usaha rakyat di bank syariah indonesia Malang Soetta

Authors

  • Muhammad Nur Arifin Universitas Negeri Malang
  • Imam Mukhlis Universitas Negeri Malang

Keywords:

islamic financial literacy, religiosity, ordinary least square, literasi keuangan syariah, religiusitas

Abstract

Indonesia has around 64.2 million MSMEs and is able to contribute to GDP of around 61.07%. MSMEs have an important role because they can create jobs and become a source of income for the community. The hope of this sharia microfinance is to further develop the business of MSME actors. The purpose of this study was to determine the effect of Islamic financial literacy. and religiosity towards customer decisions to use people's business financing. The data analysis method used multiple linear regression with the Ordinary Least Square (OLS) technique. The research object is the people's business financing customers who took the financing within the last 1 year at Bank Syariah Indonesia totaling 64 customers. The researcher uses purposive sampling technique because it is easier for researchers to determine the predetermined sample criteria. Based on the results of the study, it was found that the decision to make people's business financing was influenced by financial literacy and religiosity owned by the customer. Skills in managing finances and belief in religious values are one of the keys to making people's business financing decisions by customers of Bank Syariah Indonesia.

 

Indonesia memiliki sekitar 64,2 juta UMKM serta mampu menyumbang PDB sekitar 61.07%. UMKM memiliki peran penting karena dapat membuka lapangan pekerjaan serta menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat. Harapan dari adanya pembiayaan mikro syariah ini ialah untuk lebih mengembangkan usaha pada para pelaku UMKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah.dan religiusitas terhadap keputusan nasabah menggunakan pembiayaan usaha rakyat. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan teknik Ordinary Least Square (OLS). Obyek penelitian yaitu nasabah pembiayaan usaha rakyat yang mengambil pembiayaan dalam kurun waktu 1 tahun terakhir di Bank Syariah Indonesia sejumlah 64 nasabah. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dikarenakan peneliti lebih mudah untuk menentukan kriteria sampel yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa keputusan pengambilan pembiayaan usaha rakyat dipengaruhi oleh literasi keuangan dan religiusitas yang dimiliki oleh nasabah. Keterampilan dalam mengelola keuangan dan keyakinan terhadap nilai agama menjadi salah satu kunci keputusan pengambilan pembiayaan usaha rakyat oleh para nasabah Bank Syariah Indonesia.

References

Afrian Rachmawati. (2020). Pengaruh religiusitas , consumer knowledge dan brand image terhadap keputusan menjadi nasabah pada bank syariah. Tasyri’: Jurnal Mu’amalah Dan Ekonomi Syari’ah, Vol. 2(1), 52–70.

Agyapong, D. (2010). Micro, small and medium enterprises’ activities, income level and poverty reduction in Ghana – A synthesis of related literature. International Journal of Business and Management, 5(12). https://doi.org/10.5539/ijbm.v5n12p196

Amalia, N. (2016). Struktur pembiayaan dan pengaruhnya terhadap profitabilitas bank muamalat indonesia dan bank syariah mandiri. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(5), 1–16.

Channel, I. (2021). Erick : penerapan ekonomi syariah Indonesia terlambat 30 tahun dari Malaysia. Di kutip dari Https://Www.Idxchannel.Com/Syariah/Erick-Penerapan-Ekonomi-Syariah-Indonesia-Terlambat-30-Tahun-Dari-Malaysia.

Destiana, R. (2016). Analisis faktor-faktor internal yang mempengaruhi pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada bank syariah di Indonesia. Jurnal Riset Keuangan Dan Akuntansi, 2(1), 15–28. https://doi.org/10.25134/jrka.v2i1.444

Fadhila, N. (2015). Analisis pembiayaan mudharabah dan murabahah terhadap laba bank syariah mandiri. Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1), 52–64.

Hussein, K. (2016). Bank-level stability factors and consumer confidence—A comparative study of Islamic and conventional banks’ product mix. In Islamic Finance (pp. 86–104). Springer.

Ichsan, N. (2016). 5_Akad bank syariah_nurul ichsan. Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 50(2).

Indonesia, B. (2019). Informasi perizinan penyelenggara dan pendukung jasa sistem pembayaran.

Indonesia, B. (2021). Data kurs.

Juan, K., & Bimo, W. A. (2016). “Prosedur mendapatkan pembiayaan mikro untuk kebutuhan investasi dengan akad murabahah bil wakalah pada pt. bank bri syariah kantor cabang Bogor ahmad yani.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Kemenkop, U. K. M. (2021). Data UMKM.

Kusnandar, V. B. (2019). Indonesia, negara dengan penduduk muslim terbesar dunia. Di Kutip Dari Https://Databoks. Katadata. Co. Id/Datapublish/2019/09/25/Indonesia-Negara-Dengan-Penduduk-Muslim-Terbesar-Dunia.

Muheramtohadi, S. (2017). Peran lembaga keuangan syariah dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia. MUQTASID Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 8(1), 95. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v8i1.95-113

Mukhlis, I., Sugeng Hadi Utomo, & Yuli Soesetyo. (2015). Studi Pengaruh pendidikan pajak dan rasa keadilan terhadap pencapaian kepatuhan pajak pelaku usaha sektor UMKM bidang kerajinan tangan kabupaten/kota di Jawa Timur. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call for Papers Unisbank (Sendi_U), 978–979.

Nasution, A. W., & Marlya Fatira AK. (2019). Analisis faktor kesadaran literasi keuangan syariah mahasiswa keuangan dan perbakan syariah. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 40. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v7i1.4258

Puspitaningtyas, Z. (2013). Perilaku investor dalam pengambilan keputusan investasi di pasar MODAL. Jurnal Akuntansi Universitas Jember, October, 1–19.

Putri, N. M. D. M., & Jember, I. M. (2016). Pengaruh modal dan sendiri lokasi usaha terhadap UMKM di kabupaten Tabanan (modal pinjaman sebagai intervening). Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 9(2), 142–150.

Rahim, S., Javaid, N., Ahmad, A., Khan, S. A., Khan, Z. A., Alrajeh, N., & Qasim, U. (2016). Exploiting heuristic algorithms to efficiently utilize energy management controllers with renewable energy sources. Energy and Buildings, 129, 452–470.

Romdhoni, A. H., & Sari, D. R. (2018). Pengaruh pengetahuan, kualitas pelayanan, produk, dan religiusitas terhadap minat nasabah untuk menggunakan produk simpanan pada lembaga keuangan mikro syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(02), 136. https://doi.org/10.29040/jiei.v4i02.307

Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2016). Pengaruh produk bank syariah terhadap minat menabung dengan persepsi masyarakat sebagai variabel moderating di Pati. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 43–61.

Ruwaidah, S. H. (2018). Pengaruh literasi keuangan syariah dan shariah governance terhadap keputusan mahasiswa dalam menggunakan jasa perbankan syariah: studi kasus pada …. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 1(1), 79–106.

Tripuspitorini, F. A. (2019). Pengaruh religiusitas terhadap minat mahasiswa politeknik negeri Bandung untuk menabung di bank syariah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 4(2), 54–69.

Viphindrartin, S., Prestianawati, S., & Nazzal, A. (2019). Bank credit development: A study of macro-prudential effect. Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 11(2), 177–185. https://doi.org/10.17977/um002v11i22019p177

Yuliana, S. (2015). Pengaruh faktor ekonomi, modal sosial, dan religiusitas terhadap pengembalian pembiayaan murabahah. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 13(1), 10–20.

Zuhirsyan, M., & Nurlinda, N. (2021). Pengaruh religiusitas, persepsi dan motivasi nasabah terhadap keputusan memilih perbankan syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(2), 114–130. https://doi.org/10.46367/jps.v2i2.342

Zulfison. (2019). Religiosity and literacy of islamic banks : Analysis islamic banks customers in Jakarta. Jurnal Ilmu Manajemen & Ekonomika, 12(1), 1–8.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles