Pengembangan multimedia interaktif remi berbasis lectora inspire pada materi koperasi

Authors

  • Yoan Tatang Pratiwi Universitas Negeri Malang
  • Ro’ufah Inayati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i122021p1232-1238

Keywords:

development, lectora inspire, cooperatives, economics, Pengembangan, Koperasi, Ekonomi

Abstract

Abstract

The corona virus in Indonesia has led the application of social restrictions in the school environment. The purpose of this research and development is to produce a practical and valid product, namely interactive multimedia REMI (Learning Independent Economy). This research and development uses the ADDIE method (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The data analysis technique uses quantitative and qualitative analysis by validator experts and test subjects. The results of research and development obtained an average of 97.651percent with a feasible category.

Abstrak

Maraknya virus korona di Indonesia dan penerapan pembatasan sosial di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk yang praktis dan valid yaitu multimedia interaktif REMI (Belajar Ekonomi Mandiri). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode ADDIE (Anilisis, Perancangan, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif teknik analisis kualitatif oleh para ahli validator dan subyek uji coba. Hasil penelitian dan pengembangan memperoleh rata-rata 97,651persen dengan kategori layak digunakan.

References

Adriantony, S. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Akbar, S. D. (2013). Instrumen Perangkat Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Asyhar, R. (2021). Kreatif mengembangkan media pembelajaran.

Azhar, A. (2007). Media pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 15-85.

Darmawan, D. (2014). Inovasi pendidikan: pendekatan praktik teknologi multimedia dan pembelajaran online. PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto, J., & Karsono, M. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Tembang Macapat Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2).

Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Indriana, D. (2011). Mengenal ragam gaya pembelajaran efektif. Yogyakarta: Divapress.

Kartasapoetra, G. (2007). Koperasi Indonesia. Cetakan ketuju. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta Selatan.

Munir, P. D. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan.

Pargito. (2010). Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan. Universitas Lampung: Program Pasca Sarjana Pendidikan IPS.

Pribadi, Benny. (2014). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi: implementasi model ADDIE. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rahmawati, A., & Isroah, I. (2013). Penggunaan Media Lectora Inspire X. 6 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Smk Ma’arif 1. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2).

Rusijono, M. (2008). Penelitian Teknologi Pembelajaran. Surabaya: University Pers.

Downloads

Published

2022-02-22

Issue

Section

Articles