Pengaruh pendidikan kewirausahaan, literasi ekonomi, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa

Authors

  • Wahyu Prastyowati Universitas Negeri Malang
  • Lisa Rokhmani Universitas Negeri Malang

Keywords:

entrepreneurship education, economic literacy, entrepreneurial family, interest in entrepreneurship, pendidikan kewirausahaan, literasi ekonomi, lingkungan keluarga, minat berwirausaha

Abstract

Abstract

One of the causes of unemployment is the lack of job opportunities. To decrease unemployment can be done by foster interest in entrepreneurship. Interest in entrepreneurship can be influenced by intrinsic and extrinsic factors. The problem formulation of this research are (1) how the influence of the entrepreneurship education on entrepreneurship interests (2) how the influence of the economic literacy on entrepreneurship interests (3) how the influence of the family environment on entrepreneurship interests (4) how the influence of the entrepreneurship education, economic literacy, and family environment on the entrepreneurial interest of Economics Education Student in Faculty of Economy, State University of Malang Batch 2017. This research is a quantitative research. The population of this study amounted to 133 students. Sampling in this research using purposive sampling technique, so that obtained a total sample is 36 students. Data collection techniques in this research is questionnaire. The results of this study are (1) entrepreneurial education has an effect on interest in entrepreneurship with the value of t-count (4.174) more than t-table (2.036) and the significance 0.000 less than 0.05 (2) economic literacy has an effect on interest in entrepreneurship with the value of t-count (2,464) more than t-table (2,036) and the significance 0.019 less than 0.05 (3) the family environment has an effect on the interest in entrepreneurship with the value of t-count (4.580) more than t-table (2.036) and the significance  0.000 less than 0.05 (4 ) simultaneously entrepreneurship education, economic literacy, and family environment have an effect on interest in entrepreneurship with the value of F-count (27.133 ) more than F-table (2.90) and the significance 0.000 less than 0.05. The student should improve the knowledge on entrepreneurship and economic literacy as well as apply it. Parents should involve their children in running their businesses.

Abstrak

Salah satu penyebab pengangguran adalah kurangnya lapangan pekerjaan. Untuk mengurangi pengangguran dapat dilakukan dengan menumbuhkan minat berwirausaha. Minat berwirausaha dapat dipengaruhi oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (2) bagaimana pengaruh literasi ekonomi terhadap minat berwirausaha (3) bagaimana pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha (4) bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan, literasi ekonomi, dan lingkungan keluarga terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini berjumlah 133 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 36 mahasiswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket. Hasil dari penelitian ini adalah (1) pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha dengan nilai t-hitung (4,174) lebih besar dari t-tabel (2,036) dan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 (2) literasi ekonomi berpengaruh terhadap minat berwirausaha dengan nilai t-hitung (2,464) lebih besar dari t-tabel (2,036) dan signifikansi 0,019 kurang dari 0,05 (3) lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha dengan nilai t-hitung (4,580) lebih dari t-tabel (2,036) dan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05 (4) secara bersama-sama pendidikan kewirausahaan, literasi ekonomi, dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap minat berwirausaha dengan nilai F-hitung (27,133) lebih dari F-tabel (2,90) dan signifikansi 0,000 kurang dari 0,05. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti adalah mahasiswa hendaknya meningkatkan pengetahuan mengenai kewirausahaan dan literasi ekonomi serta menerapkannya. Orang tua hendaknya melibatkan anak dalam menjalankan usaha.

References

Alma, Buchari. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Astamoen, M. P. (2005). Entrepreneurship Dalam Perspektif Kondisi Bangsa Indonesia. Bandung: Alfabeta.

Atmaja, A. T., & Margunani, M. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Aktivitas Wirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 774-774.

Bagheri, A., & Pihie, Z.L. (2010). Role of family and entrepreneurial leadership development of university students. World Applied Sciences Journal, 11 (4). Dari http://psasir.upm.edu.my/id/eprint/16595/.

Dewi, L. O. (2010). Persepsi mahasiswa tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha mahasiswa AP FIP UM (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Efendi, M. Y., Patriasih, R., & Setiawati, T. (2018). Minat Intrinsik Dan Ekstrinsik Wirausaha Pada Siswa Smk Negeri 9 Bandung. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 7(2).

Farida, S., & Nurkhin, A. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan self efficacy terhadap minat berwirausaha siswa SMK program keahlian Akuntansi. Economic Education Analysis Journal, 5(1).

Frinces, Z. H. (2010). Pentingnya profesi wirausaha di Indonesia. Jurnal ekonomi dan pendidikan, 7(1).

Hasbullah, D. D. I. P. (2009). Umum dan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Hendro, M. M. (2011). Dasar-Dasar kewirausahaan: Panduan Bagi Mahasiwa Untuk Mengenal. Memahami, dan Memasuki Dunia Bisnis, Jakarta: Erlangga.

Hisrich, Robert D., Michael P. P., & Dean A. S. (2008). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Indonesia, B. P. S. (2019). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2019. Badan Pusat Statistik, 22, 05. https://www.bps.go.id¬/pressrelease/2019/11/05/1565/agustus-2019--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-28-persen.html.

Liñán, F. (2004). Intention-based models of entrepreneurship education. Piccolla Impresa/Small Business, 3(1), 11-35.

Purwana, D., & Wibowo, A. (2017). Pendidikan Kewirausahaan di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saroni, Mohamad. (2017). Mendidik Dan Melatih Entrepreneur Muda: Membuka Kesadaran Atas Pentingnya Kewirausahaan Bagi Anak Didik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Seran, S. (2017). Hubungan antara Pendidikan, Pengangguran, dan Pertumbuhan Ekonomi dengan Kemiskinan. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 10(1), 59-71.

Suherman, E., & Kewirausahaan, D. P. (2010). Entrepreneurship learning design. Bandung: Alfabeta.

Suryana, S., & Bayu, K. (2014). Kewirausahaan: Kiat dan Proses menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Utami, N. N., & SE, M. (2014). The Economic Literacy Education for Elementary School Students. IOSR Journal of Humanities and Social Sciences (IOSR-JHSS), 19(11), 24-27.

Wijaya, P.A., Suprihanto, J., Riyono, B., 2020. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Pengangguran dan Urbanisasi Pemuda di Desa Tamansari Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12 (1). Dari https://ejournal.-undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/24503

Wulandari. (2011). “Hanya 42,6 Persen Guru Ekonomi Berkualitas Baik” Republika. Edisi 3 April 2011.

Zimmerer, Thomas W., & Norman M. Scarborough. (2008). Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat.

Zulatsari, M. L. R., & Soesatyo, Y. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya Angkatan 2015. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).

Downloads

Published

2022-02-22

Issue

Section

Articles