Pengaruh penggunaan smartphone dan pemanfaatan e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS MAN 1 Lamongan

Authors

  • Qurrotu A’yuni syifana Universitas Negeri Malang
  • Agung Haryono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i122021p1208-1222

Keywords:

smartphone use, use of e-learning, learning outcomes, penggunaan smartphone, pemanfaatan e-learning, hasil belajar

Abstract

Abstract

The development of increasingly sophisticated smartphones in its influence in the world of education can be utilized by using madrasa e-learning applications. Where students can communicate with many people via the internet. This study aims to determine (1) the effect of using smartphones on student learning outcomes in economics subjects in class X IPS MAN 1 Lamongan (2) the effect of using e-learning on student learning outcomes in economics subjects in class X IPS MAN 1 Lamongan (3) the effect of smartphone use and the use of e-learning on student learning outcomes in economics class X IPS MAN 1 Lamongan. This study uses quantitative methods. Respondents of this study were students of class X IPS MAN 1 Lamongan, samples taken were 86 students from 110 students. The results of this study indicate that there is a positive effect with a significant level for smartphone use of 0.000 and use of e-learning of 0.000. In simultaneous hypothesis testing, the R square value is 0.451.

Abstrak

Perkembangan smartphone yang semakin canggih ini dalam pengaruhnya di dunia pendidikan dapat dimanfaatkan dengan menggunakan aplikasi e-learning madrasah. Dimana siswa bisa berkomunikasi dengan banyak orang melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penggunaan smartphone  terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS MAN 1 Lamongan (2) pengaruh pemanfaatan e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS MAN 1 Lamongan (3) pengaruh penggunaan smartphone dan pemanfaatan e-learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS MAN 1 Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Responden penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN 1 Lamongan, sampel yang diambil sebanyak 86 siswa dari 110 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dengan tingkat signifikan untuk penggunaan smartphone sebesar 0.000 dan pemanfaatan e-learning sebesar 0.000. Dalam uji hipotesis secara simultan diperoleh nilai R square sebesar 0.451.

References

Andrew, F. (2012). Mobile / Smartphone Use in Higher Education. E-Journal University of Central Arkansas, (Online), (http://swdsi.org), diakses 20 Desember 2020.

Aunurrahman, D., & Pd, M. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Barakati, D. P. (2013). Dampak Penggunaan Smartphone dalam pembelajaran Bahasa inggris (persepsi mahasiswa). Jurnal elektronik fakultas sastra universitas sam ratulangi, 1(1).

Darmadi, H. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Khusniyah, N. L. & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Lestari, Erni. (2019). Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone, Minat Belajar, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Singosari Kabupaten Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE UM.

Miftakh, Eliza Silviana. (2015). Pengaruh Pemanfaatan Smartphone, Kecerdasan Intelektual (IQ), Dan Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPS 2 Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Laboratorium UM. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE UM.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid- 19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Nguyen, T. (2015). The Effectiveness of Online Learning: Beyond No Significant and Future Horizons. Merlot Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309- 319.

Nikmah, A. (2013). Dampak Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Siswa. E-journal pendidikan kota Surabaya, 5, 1-8

Nugroho, Atmoko. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web. Jurnal Transformatika, 9(2), 72.

Nuyulianti, L.F. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Smartphone, Pemanfaatan E-Learning dan Aktivitas Dalam Media Sosial Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas X IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 6 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE UM.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi Di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129-135.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadikin, A, dan Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik. 6(2), 109–119.

Samino,dkk. (2012). Layanan Bimbinga Belajar Pedoman Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Solo: Fairus Media.

Slameto. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: rineka cipta.

Sudjana. (2009). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Sukarno, Z.A. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget, Minat Belajar dan Kecerdasan Emosional (EQ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Kepanjen. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FE UM.

Surjono, D. H. (2013). Membangun Course E-learning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.

Downloads

Published

2022-02-22

Issue

Section

Articles