Pengaruh intensitas pemanfaatan E-commerce, konformitas dan motivasi utilitarian terhadap perilaku konsumsi mahasiswa S1 pendidikan ekonomi fakultas ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2018 pada masa pandemi COVID-19

Authors

  • Femiliani Dewi Anggraini Universitas Negeri Malang
  • Rizza Megasari Universitas Negeri Malang
  • Yohanes Hadi Soesilo Universitas Negeri Malang
  • Wahjoedi Wahjoedi Universitas Negeri Malang

Keywords:

intensity of E-commerce utilization, conformity, utilitarian motivation, consumption behavior, intensitas pemanfaatan E-commerce, konformitas, motivasi utilitarian, perilaku konsumsi

Abstract

Abstract

Consumption behavior among students has changed after the COVID-19 pandemic. This study aims to determine the effect of the independent variables, namely the intensity of e-commerce use, conformity, and utilitarian motivation on the dependent variable, namely the consumption behavior of S1 students of Economics Education, Faculty of Economics, State University of Malang Force 2018 partially and simultaneously. This research is a quantitative research with the type of explanatory research which aims to explain the influence of the independent variable on the dependent variable and find out how much influence these variables have. Suggestions from this research are: (1) students are expected to keep organizing their time in utilizing E-Commerce applications because using free time only by accessing E-Commerce can reduce student productivity. (2) is expected to be selective in choosing a group of friends because a friendly environment that has good consumption rationality will have an influence on good consumption behavior so that consumptive behavior does not occur.

Abstrak

Perilaku konsumsi di mahasiswa mengalami perubahan setelah terjadi pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen yaitu intensitas pemanfaatan e-commerce, konformitas, dan motivasi utilitarian terhadap variabel dependen yaitu perilaku konsumsi mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2018 secara parsial dan simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen dan mengetahui seberapa besar pengaruh variabel-variabel tersebut. Saran dari penelitian ini adalah : (1) mahasiswa diharapkan tetap mengorganisir waktu dalam memanfaatkan aplikasi E-Commerce karena menggunakan waktu luang hanya dengan mengakses E-Commerce dapat mengurangi produktivitas mahasiswa. (2) diharapkan dapat selektif dalam memilih kelompok pertemanan karena lingkungan pertemanan yang memiliki rasionalitas konsumsi baik akan memberikan pengaruh terhadap perilaku konsumsi yang baik sehingga tidak terjadi perilaku konsumtif.

References

Ahmadi, C., & Hermawan, D. (2013). E-business dan E-commerce. Penerbit Andi. Jogyakarta, 47-53.

Arul Rajan, K. (2020). Influence of hedonic and utilitarian motivation on impulse and rational buying behavior in online shopping. Journal of Statistics and Management Systems, 23(2), 419-430.

Astuti, R. P. F. (2016). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Literasi Ekonomi dan Life Style Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Edutama, 3(2), 49-58.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial, Jilid 2 Edisi Kesepuluh,.(Alih Bahasa: Ratna Djuwita). Jakarta: Erlangga. Budiarto TH, Ervina I.(2013). Hubungan antara konformitas teman sebaya dengan perilaku bullying pada remaja. Jurnal Psikologi, 9(1), 31-45.

Cahyono, K. E., Khuzaini, K., & Widiarto, H. (2016). Shopping Life Style memediasi hubungan Hedonic dan Utilitarian Value terhadap Impulse Buying. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 20(2), 188-208.

Lady, C., & Suprapti, N. W. S. (2020). Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Niat Beli Ulang (Studi pada Pengguna Aplikasi E-Money Merek OVO di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung). E-Jurnal Manajemen, 9(6), 2147-2166.

Damiati, dkk. (2017). Perilaku Konsumen. Depok : PT Raja Grafindo Persada

Darmawan, D. (2013). Metode penelitian kuantitatif.

Dwiningsari, W. (2016). Pengaruh literasi ekonomi siswa, status sosial ekonomi orang tua, dan konformitas teman sebaya terhadap pola konsumsi siswa kelas XI IIS SMA Brawijaya Smart School (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Fauziyah, M. A., & Handayani, Sri. (2020). Pengaruh Intensitas Pemanfaatan E-Commerce Dan Tingkat Literasi Ekonomi Terhadap Tingkat Konsumsi Siswa Di SMA Negeri 4 Malang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 76-83. Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/12052

Fatoni, S. N., Susilawati, C., Yulianti, L., & Iskandar, I. (2020). Dampak Covid-19 terhadap perilaku konsumen dalam penggunaan e-wallet di Indonesia.Dari: http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30953

Hoppner, Stephanie.(2021). Bagaimana Pandemi Corona Memengaruhi Persahabatan?. https://www.dw.com/id/bagaimana-pandemi-corona-memengaruhi-persahabatan/a-56624150 . Diakses: 21 Mei 2021.

Hurlock, E. (2004). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Yogyakarta: Erlangga

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan e-commerce dalam dunia bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis–ISSN, 2085(1375), 161-171.

James F. Engel., Roged D. Blackwell. & Paul W. Miniard.(1994). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa Aksara

Katon, F., & Yuniati, U. (2020). Fenomena Cashless Society Dalam Pandemi Covid-19 (Kajian Interaksi Simbolik Pada Generasi Milenial). Jurnal Signal, 8(2), 134-145.

Khoiriyah, U., Rusdarti, R., & Kardoyo, K. (2020). The Influence of Peer Group, Economic Literation and Use of Social Media on Consumtive Behavior of State Senior High School Students in Brebes. Journal of Economic Education, 9(2), 110-117.

Khotimah, H., Khafid, M., & Pujiati, A. (2016). Sikap Konsumen dan Gaya Hidup Mahasiswa dalam Keputusan Pembelian Produk Fashion melalui Minat Beli. Journal of Economic Education, 5(2), 110-121. Dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jeec/article/view/13037

Kusumowidagdo, Astrid.(2013). Desain Ritel (Komunikasi Strategi Pemasaran Bisnis dengan Tepat!).Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Larasati, Retno Anisa. (2020). Pola Konsumsi Mahasiswa Pulang Kampung Dan Masyarakat Pada Pandemi Covid-19 Di Kota Bandung. Jambura Economic Education Journal, 2(2), 90-99. Dari http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jej/article/view/6840

Lestari, S. P., & Hidayati, M. (2020). Online Shop Yang Dilakukan Oleh Mahasiswa Di Kota Semarang Pada Masa Pandemi Covid 19. Serat Acitya, 1(2), 132.

Lisma, Niati & Haryono, Agung. (2016). Analisis perilaku konsumsi mahasiswa ditinjau dari motif bertransaksi (Studi kasus pada mahasiswi S1 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan tahun 2012). Jurnal Pendidikan Ekonomi (Economic Education Journal), 9(1). Dari http://journal.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/7181

Lippke, S., Fischer, M. A., & Ratz, T. (2021). Physical activity, loneliness, and meaning of friendship in young individuals–a mixed-methods investigation prior to and during the COVID-19 pandemic with three cross-sectional studies. Frontiers in Psychology, 12, 146.diakses: https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2021.617267/full

Liu, F., Lim, E. T., Li, H., Tan, C. W., & Cyr, D. (2020). Disentangling utilitarian and hedonic consumption behavior in online shopping: An expectation disconfirmation perspective. Information & Management, 57(3), 103199. Dari https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0378720617305839

Madcoms.(2010).Rahasia Sukses Menjual Produk Wordpress E-Commerce. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media

Mankiw, N.Gregory.(2007). MAKROEKONOMI Edisi Keenam.Jakarta: Penerbit Erlangga

Meidita, Y., & Suprapto, R. I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan, Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan pada E-Commerce (Studi Kasus: Shopee). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN, 2548, 964X. Dari http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/3399

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2), 212-224.

Nisa, D. F., Putri, N. K., & Putri, N. K. (2020). Bagaimana wabah virus corona mempengaruhi kehidupan mahasiswa.

Nuridja, M. P. I. M., Suharyani, K., & Haris, M. P. I. A. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1), 5403. Dari https://www.neliti.com/publications/5403/pengaruh-ekuitas-merek-terhadap-keputusan-pembelian-produk-minuman-teh-botol-sos

Nuridja, M. P. I. M., Suharyani, K., & Haris, M. P. I. A. (2015). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minuman Teh Botol Sosro Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha 2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha, 5(1), 5403. Dari: https://www.neliti.com/publications/5403/pengaruh-ekuitas-merek-terhadap-keputusan-pembelian-produk-minuman-teh-botol-sos

Nurjanah, S., Ilma, R. Z., & Suparno, S. (2018). Effect of economic literacy and conformity on student consumptive behaviour. Dinamika Pendidikan, 13(2), 198-207. Dari https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/18330

Nuryanti.(2013). Peran E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Jurnal ekonomi, Vol.12No.4: 1-15. Dari https://je.ejournal.unri.ac.id/index.php/JE/article/view/2049

Pangestu, D. P. (2019). Pengaruh literasi ekonomi, gaya hidup, dan konformitas teman sebaya terhadap rasionalitas konsumsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi UM angkatan 2018 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).dari: http://repository.um.ac.id/81806/

Prakoso, F. A. (2020). Dampak Coronavirus Disease (covid-19) terhadap industri food & beverages. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), 1-6.Dari: https://ejournal.stieibbi.ac.id/index.php/jmb/article/view/81

Purwanto, P., & Kunhadi, D. (2020). Pengaruh Efektivitas Platform E-commerce Terhadap Keberlanjutan Konsumsi pada Masa Pandemi Covid-19. Ekonomika, 13(1), 42-54. Dari http://e-jurnal.kopertis7.go.id/index.php/ekonomika/article/view/365

Rahmawati, Laily. (2020). Peran E-commerce dalam Mendukung Ketahahanan Pangan Wilayah Jakarta Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Lemhannas RI, 8(2). Dari https://prosiding.lemhannas.go.id/index.php/jkl/article/view/61

Ratna, I., & Niken, P. (2019). Pengaruh Pengelolaan Uang Saku, Konformitas Teman Sebaya, Pengendalian Diri, dan Pengetahuan Dasar Ekonomi terhadap Rasionalitas Perilaku Konsumsi Siswa Kelas XI IIS SMAN 1 Pare. SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan-Fakultas Ekonomi UM.Dari: http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ekonomi-pembangunan/article/view/83011

Robert S. Pindyck & Daniel L. Rubinfeld. (2012). Mikroekonomi: Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga

Sahara, S., & Silalahi, R. Y. B. (2020). Keputusan Belanja Online Dikalangan Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Gici). JURSIMA (Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen), 8(2), 89-97. Dari:https://www.ejournal.stmikgici.ac.id/index.php/jursima/article/view/8-2-4

Sakdiyah, Halimatus. (2018). Studi Perilaku Konsumen Dalam Transaksi Belanja Melalui Penggunaan Uang Plastik Di Wilayah Madura. Wacana Equiliberium (Jurnal Pemikiran Penelitian Ekonomi) 6 (01), 1 - 16. Dari http://www.journal.uim.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/269

Sarwono & Sarlito Wirawan.(2002).Psikologi Sosial: Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka

Setiadi, N. J. (2008). Perilaku konsumen: Konsep dan implikasi untuk strategi dan penelitian pemasaran.

Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and Indonesia. Acta Medica Indonesiana, 52(1), 84-89. Dari: https://www.researchgate.net/publication/340645813

Sigit, C. (2010). Mudah Membuat Toko Online Dengan OsCommerce. Yogyakarta: Andi.

Sukarno, N. F., & Indrawati, E. S. (2018). Hubungan konformitas teman sebaya dengan gaya hidup hedonis pada siswa di Sma Pl Don Bosko Semarang. Empati, 7(2), 710-715. Dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/21702

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (Edisi Kedua). Bogor: Ghalia Indonesia.

Suryani, Tatik.(2013). Perilaku Konsumen di Era Internet. Yogyakarta: Graha Ilmu

Susilowati, Dwi. (2016). Analisis Pola Konsumsi Masyarakat Kota Malang Pasca Kenaikan Harga Bahan Makanan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 7(1), 1-8. Dari http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jep/article/view/3578

Tribuana, L. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Pengendalian Diri Dan Konformitas Hedonis Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1), 145-155.

Udin, B., Salim, M. A., & ABS, M. K. (2020). Pengaruh Nilai Hedonik Dan Nilai Utilitarian Terhadap Minat Beli Ulang Online Shop Shopee (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(03). Dari: http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/7515

Ulfa, Z. D., & Mikdar, U. Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 124-138.diakses: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/view/9654

Usman, E. (2016). buku Psikologi Konsumen.

Watanabe, T., & Omori, Y. (2020). Online consumption during the covid-19 crisis: Evidence from Japan. Covid Economics, 38(16), 218-252. Dari https://www.avigoldfarb.com/s/CovidEconomics32-1.pdf#page=213

WHO, C. O. (2020). World health organization. Responding to Community Spread of COVID-19. Reference WHO/COVID-19/Community_Transmission/2020.1.

Yusup, D. K., Badriyah, M., Suyandi, D., & Asih, V. S. (2020). Pengaruh bencana Covid-19, pembatasan sosial, dan sistem pemasaran online terhadap perubahan perilaku konsumen dalam membeli produk retail. http://digilib. uinsgd. ac. id, 1(1), 1-10. Dari: http://digilib.uinsgd.ac.id/30872/

Zainur, Z. (2020). Konsep Dasar Kebutuhan Manusia Menurut Persfektif Ekonomi Islam. Jurnal An-Nahl, 7(1), 32-43.Dari: https://annahl.staile.ac.id/index.php/annahl/article/view/3

Downloads

Published

2022-02-22

Issue

Section

Articles