Pengaruh E-learning, fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS

Authors

  • Amilusholihah Amilusholihah Universitas Negeri Malang

Keywords:

E-learning, fasilitas belajar, lingkungan keluarga, hasil belajar, learning facilities at home, family environment, learning outcomes

Abstract

Abstract

Seorang siswa dalam proses belajarnya dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat menstimulasi siswa untuk lebih fokus dan belajar dengan baik. Siswa kelas X IPS di SMAN 2 Malang memiliki hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang rendah, dimana lebih dari 50% masih belum mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan e-learning, ketersediaan fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori, yang menjelaskan seberapa besar pengaruh variabel e-learning (), fasilitas belajar di rumah (), lingkungan keluarga () terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas X IPS SMAN 2 Malang. Data dalam penelitian ini diambil melalui metode angket untuk variabel independen dan menggunakan teknik dokumentasi untuk variabel dependen.  Data dalam penelitian ini diolah menggunakan bantuan Software SPSS 24 For Windows melalui analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian bahwa ada pengaruh positif secara parsial maupun simultan variabel e-learning, fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Malang. Diharapkan hasil penelitian ini  dapat sebagai bahan evaluasi baik bagi pihak guru maupun orang tua agar bersinergi dalam menciptakan proses belajar yang efektif dan efisien untuk mencapai hasil belajar siswa yang baik.

Keywords: E-learning; fasilitas belajar; lingkungan keluarga; hasil belajar

Abstrak

A student in the learning process can be influenced by various factors that can stimulate students to be more focused and study well. Students of class X Social Sciences at SMAN 2 Malang have low learning outcomes in economics subjects, where more than 50% still have not achieved maximum learning outcomes. The purpose of this study was to determine how much the use of e-learning, the availability of learning facilities at home and the family environment had an influence on student learning outcomes. This research uses quantitative approach with explanatory research type, which explain how much influence of variable () e-learning, () learning facilities at home, () family environment to variable (Y) are result of student learning class X IPS SMAN 2 Malang. Data in this research taken through questionnaire method for independent variable and using documentation technique for dependent variable. The data in this study processed using SPSS 24 For Windows Software through multiple regression analysis. Based on result of data analysis has been done, the result obtained research that there is influence of e-learning, learning facilities at home, family environment to result of learning subject economy on class X IPS SMAN 2 Malang. The authors that the results of this study can be used as evaluation material for both teachers and parents to work together in creating an effective and efficient learning process to achieve good student learning outcomes.

Abstract

Seorang siswa dalam proses belajarnya dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat menstimulasi siswa untuk lebih fokus dan belajar dengan baik. Siswa kelas X IPS di SMAN 2 Malang memiliki hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang rendah, dimana lebih dari 50% masih belum mencapai hasil belajar yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penggunaan e-learning, ketersediaan fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori, yang menjelaskan seberapa besar pengaruh variabel e-learning (), fasilitas belajar di rumah (), lingkungan keluarga () terhadap hasil belajar (Y) siswa kelas X IPS SMAN 2 Malang. Data dalam penelitian ini diambil melalui metode angket untuk variabel independen dan menggunakan teknik dokumentasi untuk variabel dependen.  Data dalam penelitian ini diolah menggunakan bantuan Software SPSS 24 For Windows melalui analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh hasil penelitian bahwa ada pengaruh positif secara parsial maupun simultan variabel e-learning, fasilitas belajar di rumah dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 2 Malang. Diharapkan hasil penelitian ini  dapat sebagai bahan evaluasi baik bagi pihak guru maupun orang tua agar bersinergi dalam menciptakan proses belajar yang efektif dan efisien untuk mencapai hasil belajar siswa yang baik.

Abstrak

A student in the learning process can be influenced by various factors that can stimulate students to be more focused and study well. Students of class X Social Sciences at SMAN 2 Malang have low learning outcomes in economics subjects, where more than 50% still have not achieved maximum learning outcomes. The purpose of this study was to determine how much the use of e-learning, the availability of learning facilities at home and the family environment had an influence on student learning outcomes. This research uses quantitative approach with explanatory research type, which explain how much influence of variable () e-learning, () learning facilities at home, () family environment to variable (Y) are result of student learning class X IPS SMAN 2 Malang. Data in this research taken through questionnaire method for independent variable and using documentation technique for dependent variable. The data in this study processed using SPSS 24 For Windows Software through multiple regression analysis. Based on result of data analysis has been done, the result obtained research that there is influence of e-learning, learning facilities at home, family environment to result of learning subject economy on class X IPS SMAN 2 Malang. The authors that the results of this study can be used as evaluation material for both teachers and parents to work together in creating an effective and efficient learning process to achieve good student learning outcomes.

References

Alfriani, Zulfa Nuroja. (2019). Pengaruh Fasilitas IT, Persepsi tentang E-Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2016 Universitas Negeri Malang. Universitas Negeri Malang

Ambarwati, T. (2018). Pengaruh motivasi belajar, gaya belajar dan ketersediaan fasilitas belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa kelas X IPS pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 02 Batu (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Aunurrahman, D., & Pd, M. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-learning Teori dan Desain. Bandung: PT Rosdakarya Offset.

Gie, The Liang. (2002). Cara Belajar yang Efisien I. Yogyakarta: PUBIB.

Gunarsa, Singgih D. (2001). Psikologi Praktis: anak, remaja dan keluarga. Jakarta: Gunung Mulia

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117-140.

Purwanto, Ngalim. (2007). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Rineka Cipta

Sudjana. (2009). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Downloads

Published

2022-02-22

Issue

Section

Articles