Analisis dampak sosial ekonomi UMKM saat pendemi covid-19 serta strategi menghadapi era new normal di Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Indah Widyaningtyas Universitas Negeri Malang
  • Farida Rahmawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i112021p1081-1094

Keywords:

MSMEs, socio-economic impact, development strategy, UMKM, dampak sosial ekonomi, strategi pengembangan

Abstract

Abstract

The purpose of this study is to describe the socio-economic impacts of MSMEs during pandemic and alternative strategies that can be used for business development in the new normal era. This research is a qualitative descriptive. Data collection using interviews, observation and documentation. Analysis of the data using the method of data collection, data reduction, display, and conclusion. The results showed that the number of visitors, training, and sales revenue decreased and unemployment in Kedensari Village increased. The IE matrix shows the position of MSME bags and suitcases in cell 1 with an x-axis of 3.51 and a y-axis of 3.27. There are three strategies from the results of the SWOT matrix analysis that have the highest TAS based on calculations on the QSPM matrix, namely increasing promotions through online sales media, exploring other businesses during a pandemic, and opening stores in the new normal era.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dampak sosial ekonomi UMKM saat pandemi dan strategi alternatif yang dapat digunakan untuk pengembangan usaha di era new normal. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah pengunjung, pelatihan, dan hasil penjualan mengalami penurunan serta pengangguran di Desa Kedensari meningkat. Matriks IE menunjukkan posisi tas dan koper UMKM di sel 1 dengan sumbu x 3,51 dan sumbu y 3,27. Terdapat tiga strategi dari hasil analisis matriks SWOT yang memiliki TAS tertinggi berdasarkan perhitungan pada matriks QSPM, yaitu meningkatkan promosi melalui media penjualan online, menjajaki bisnis lain saat pandemi, dan membuka toko di era new normal.

References

BPS Kabupaten Sidoarjo. (2019). Kecamatan Tanggulangin Dalam Angka 2019. (Online). (https://sidoarjokab.bps.go.id/publication/2019/09/26/8e038d17aaceef27c4854681/kecamatan-tanggulangin-dalam-angka-2019.html)

David, F. R. (2010). Manajemen Strategis Konsep, Edisi 12 (12th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Desa Kedensari. (2020). Pemilikan Aset Ekonomi Lainnya.

DPR RI. (2008). Profil UU Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. (Online). (http://www.dpr.go.id/jdih/index/id/147), diakses 14 September 2020.

Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Hertina, D., Susanto Hendiarto, & John Henry Wijaya. (2021). Dampak Covid-19 Bagi UMKM di Indonesia Pada Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana Mengabdi Untuk Negeri, 3(2), 110–116. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/jpdl/article/view/8798/5627

Kementerian Koperasi dan UMKM RI. (2018). Data UMKM. (Online). (http://www.depkop.go.id/uploads/laporan/1598606210_PERMENKUKM NO 6 TAHUN 2020 tentang BPUM.pdf), diakses 14 September 2020

Muhammad, M., Aditia Mahardika, & Rizka Amalia. (2020). Corona Virus Pandemic Impact on Sales Revenue of Micro Small and Medium Enterprises ( MSMEs ) in Pekalongan City, Indonesia. Journal of Vocational Studies on Applied Research, 2(1), 7–10. https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jvsar/article/view/7600

Tambunan, T. T. (2009). UMKM di Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wuisang, J. R., Roddy Runtuwarouw, & Consuslasia Korompis. (2019). Konsep Kewirausahaan dan UMKM (pertama). Minahasa Utara: Yayasan Makaria Waya.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles