Pembuatan instagram untuk meningkatkan pemasaran rambak pisang Desa Sidodadi Kecamatan Gedangan

Authors

  • Umar Syarifuddien Sjadja’ah Universitas Negeri Malang
  • Nurwendo Wisang Guritno Universitas Negeri Malang
  • Agung Winarno Universitas Negeri Malang
  • Agus Hermawan Universitas Negeri Malang

Keywords:

Instagram, marketing, UMKM, pemasaran

Abstract

Abstract

The development of marketing communication today is not only done with conventional methods. Right now, SMEs are also using new media such as the internet as an alternative to approach potential consumers. Digital marketing is a marketing activity that uses the internet and information technology to expand and enhance traditional marketing functions. In carrying out marketing communications, MSMEs can choose the most appropriate social media platform to increase product marketing. Based on initial observations, most of the marketing processes carried out by SME Rambak Pisang NILNA located in Sidodadi Village, Gedangan District, Malang Regency are still carried out conventionally and separately. This service resulted in an Instagram account for online marketing media and LinkTree which can be used to provide information regarding product sales channels.

Abstrak

Perkembangan komunikasi pemasaran saat ini tidak hanya dilakukan secara konvensional saja. UMKM kini juga memanfaatkan media baru seperti internet sebagai alternatif untuk melakukan pendekatan kepada calon konsumen. Pemasaran digital adalah suatu kegiatan pemasaran yang menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Dalam menjalankan komunikasi pemasaran, UMKM dapat memilih platform media sosial yang paling tepat untuk meningkatkan pemasaran produknya. Berdasarkan observasi awal, sebagian besar proses pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Rambak Pisang NILNA yang berlokasi di Desa Sidodadi Kecamatan Gedangan Kabupaten Malang masih dilakukan secara konvensional dan terpisah. Pengabdian ini menghasilkan sebuah akun Instagram untuk media pemasaran online dan dan LinkTree yang dapat digunakan untuk memberi informasi terkait saluran penjualan produk.

References

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). Dutacom, 9(1), 43-43.

Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159-170.

Fauzan, S., Wahyuni, W., Putri, D., & Setiaji, Y. T. (2021). Eksplorasi Potensi Lokal Melalui Pembuatan Banana Muffin Untuk Menambah Ekonomis Pisang di Desa Sidodadi, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 39-44.

Helianthusonfri, J. (2020). Instagram Marketing Untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Rahman, I. A., & Panuju, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink Melalui Media Sosial Instagram. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16(2), 214-224.

Salmiah, S., Fajrillah, F., Sudirman, A., Siregar, M. N. H., Simarmata, J., Suleman, A. R., ... & Jamaludin, J. (2020). Online Marketing. Yayasan Kita Menulis.

Sudaryanto, H. S., Kusumaningrum, A., Nugraheny, D., Aryanto, S., & Wintolo, H. (2019). Pendampingan Pemasaran Produk Menggunakan Instagram Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kecamatan Pathuk Gunung Kidul. Kacanegara Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 61-68.

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales, Kabupaten Kediri. Generation Journal, 41-48.

Downloads

Published

2022-01-31

Issue

Section

Articles