Pengaruh kualitas pelayanan biro akademik dan kemahasiswaan (BAK) terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura

Authors

  • Firsty Larastiyana Susanto Universitas Negeri Malang
  • Ely Siswanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i92021p906-913

Keywords:

academic service quality, academic bureau and the student council, student satisfaction, kualitas pelayanan akademik, biro akademik dan kemahasiswaan, kepuasan mahasiswa

Abstract

Abstract

To find out the level of quality of service that has been given to consumers or their customers, student and community satisfaction as users of academic administration services waws used as an indicator. The student satisfaction surveys conducted in this study aims to know the level of Madura Trunojoyo University students’ satisfaction on the quality of academic administration services throughout the year 2021. This study used quantitative approach with survey method. The survey was carried out by making a closed questionnaire using Google form to investigate students’ satisfaction. The questionnaire were then distributed online to students who previously used academic administrative services of the academic bureau and the student council of the Madura Trunojoyo University in 2021. The obtained 100 respondents represented an entire population that used the academic administration services of the academic bureau and student affairs in 2021. Results obtained in this study suggest that the quality service variable, especially in Financial Administration Bureau, has a significant impact on the satisfaction of the student Trunojoyo Madura University.

Abstrak

Untuk mengetahui level kualitas servis yang diberikan kepada konsumen, kepuasan mahasiswa dan masyarakat, sebagai pengguna jasa administrasi akademik, digunakan sebagai sebuah indikator. Survei kepuasan mahasiswa pada penelitian ini bertujuan untuk menelusuri tingkat kepuasan mahasiswa di Universitas Trunojoyo Madura pada kualitas jasa administrasi akademik, selama 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner tertutup melalui Google Form untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa. Kuesioner tersebut kemudian didistribusikan secara daring kepada mahasiswa yang pernah menggunakan jasa layanan akademik dan dewan mahasiswa di Universitas Trunojoyo Madura pada 2021. Sebanyak 100 responden yang terkumpul mewakili seluruh populasi yang pernah menggunakan layanan biro akademik dan dewan mahasiswa pada 2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan, khususnya Biro Administrasi Keuangan, memiliki efek yang signifikan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa Universitas trunojoyo Madura.

References

Agyapong, G. K. (2011). The Effect of Service Quality on Customer Satisfaction in the Utility Industry: A Case of Vodafone (Ghana). International Journal of Business and Management, 6(5).

Chandra, T., Ng, M., Chandra, S., & Priyono. (2018). The Effect of Service Quality on Student Satisfaction and Student Loyalty: An Empirical Study. Journal of Social Studies Education Research, 9(3).

Heslina., Mus, A. M., Pettipeiluhu, J., Gladys, Y., & Prenregngi, A., I. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik dan Non Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen STIEM Bongaya. Jurnal Ilmiah Bongaya (Manajemen & Akuntansi), 41-48.

Mahsyar, S., & Surapati, U. (2020). Effect of Service Quality and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty. International Journal of Economics, Business and Accounting Research, 4(1).

Mokodompit, F., & Luneto, B. (2019). Pengaruh Persepsi dan Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1).

Rahareng, V. J., & Relawan, N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasan Mahasiswa: Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Telkom. Jurnal AdBispreneur, 2(2).

Setiawardani, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa Politeknik Bandung. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(1).

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Wijaya, S. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Pelayanan Bagian Keuangan dengan Metode Customer Satisfaction Index. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 3(1).

Downloads

Published

2021-09-15

Issue

Section

Articles