Pengaruh motivasi berwirausaha, pembelajaran kewirausahaan, dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa prodi S1 pendidikan ekonomi angkatan 2017 Universitas Negeri Malang

Authors

  • Rosalia Vernanda Universitas Negeri Malang
  • Lisa Rokhmani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i92021p871-888

Keywords:

entrepreneurship motivation, entrepreneurship learning, using of social media, entrepreneurship interest, motivasi kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan, penggunaan media sosial, minat berwirausaha

Abstract

Abstract

This research was conducted to determine the partial or simultaneous influence of entrepreneurship motivation, entrepreneurship learning and the using of social media on entrepreneurship interest of Economics Education departement students class of 2017, State University of Malang. The research method in this research is quantitative with the type of explanatory research. The population in this study were undergraduate students of Economics Education class of 2017 State University of Malang, with a total sample of 100 students. The sampling technique used purposive sampling and primary data collection using a questionnaire. The analysis prerequisite tests in this study include normality, multicollinearity and heteroscedasticity. The data analysis technique in this study used multiple linear regression analysis techniques. The results of the study show (1) partially there is an effect of entrepreneurship motivation on entrepreneurship interest, (2) partially there is an influence of entrepreneurship learning on entrepreneurship interest, (3) partially there is an effect of using social media on entrepreneurship interest, and (4) simultaneously there is an influence of entrepreneurship motivation, entrepreneurship learning and the using of social media on entrepreneurship interest. The conclusion of this study is that there is an influence of entrepreneurship motivation, entrepreneurship learning and the using of social media on entrepreneurship interest of Economics Education departement student at Malang State University class of 2017.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh parsial atau simultan dari motivasi kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial pada minat berwirausaha mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi, Universitas Negeri Malang, tahun 2017. Penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatori. Sampel dari penelitian ini merupakan 100 mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi, Universitas Negeri Malang, tahun 2017. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan data didapatkan melalui kuesioner. Tes statistic prasyarat pada penelitian ini meliputi tes normalitas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Teknik regresi linear berganda digunakan untuk proses analisa data. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) adanya efek partial dari motivasi kewirausahaan pada minat berwirausaha, (2) adanya efek partial dari pendidikan kewirausahaan pada minat berwirausaha, (3) adanya efek partial dari penggunaan media sosial pada minat berwirausaha, dan (4) adanya efek simultan dari motivasi berwirausaha, pendidikan kewirausahaan, dan penggunaan media sosial pada minat berwirausaha. Sehingga, motivasi kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan, dan penggunaan media sosial membawa pengaruh pada minat berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi tahun 2017, Universitas Negeri Malang.

References

Alfaruk, M.H. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sosial Media, Motivasi, dan Pengetahuan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Ekonomi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 164 – 172. Dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/772.

Alfianto, E.A. (2012). Kewirausahaan : Sebuah Kajian Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Heritage, 1(2), 33 – 42. Dari https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/HERITAGE/article/view/837.

Aini, Y. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa UPP Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 3(1), 69 – 78. Dari https://e-journal.upp.ac.id/index.php/Cano/article/view/1262.

Amanda, J. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan, Lingkungan Pergaulan, dan Latar Belakang Ekonomi Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa S1 Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(4), 354 – 366. Dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ekonomi/article/view/10966.

Aradea, R. (2018). Analisis Motivasi Berwirausaha Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas PGRI Palembang. Jurnal Neraca, 2(2), 81 – 96. Dari https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/neraca/article/view/2691.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Cristianingrum & Rosalina, E. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen, Akuntansi dan Sosiologi, Universitas Bangka Belitung). Integrated Journal of Business and Economics (IJBE), 1(1), 45 – 55. Dari https://zenodo.org/record/571256#.X8xbPU8xcwA.

Dewi, V.N., Casmudi., & Deden. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Kreativitas Usaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMA Patra Dharma Balikpapan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Edueco Universitas Balikpapan, 2(2), 36 – 41. Dari https://jurnal.peko.uniba-bpn.ac.id/index.php/Edueco/article/view/43.

Doni, F.R. (2017). Perilaku Penggunaan Media Sosial Pada Kalangan Remaja. Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 15 – 23. Dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/2816.

Fahmi, R. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 1(2), 99 – 117. Dari https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Share/article/view/720.

Fahmi, R & Amanda,T. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 2(1), 33 – 42. Dari https://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/jebi/article/view/65.

Herman, H. (2017). Pengaruh Motivasi Berwirausaha dan Kegiatan Penyuluhan Kewirausahaan yang Dilaksanakan Oleh Dinas Tenaga Kerja Kota Batam Terhadap Minat Berwirausaha di Kota Batam. Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(2), 57 – 68. Dari http://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/jim/article/view/242.

Indirianti, R., Sutrisno, D., & Bambang, S. (2017). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 69 - 75. Dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/6449.

Indoworo, H.E. (2016). Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Peran Sosial Media. Jurnal Informatika UPGRIS, 2(1), 45 - 55. Dari http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIU/article/view/1067.

Indriyatni, L. (2013). Pengaruh Mata kuliah Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Pelita Nusantara Semarang). Fokus Ekonomi Jurnal Ilmiah Ekonomi, 8(1), 52 – 59. Dari https://ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe/article/view/118.

Iswandari, A. (2013). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Pengetahuan Kewirausahaan, dan Kepribadian Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMKN 12 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 1(2), 152 – 162. Dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk/article/view/705.

Kamal, A.H & Thoyyibah, N. (2020). Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Santri Pondok Pesantren. At – Taqaddum, 12(1), 75 – 90. Dari https://www.researchgate.net/publication/343440880_Analisis_Faktor-Faktor_Yang_Mempengaruhi_Minat_Berwirausaha_Santri_Pondok_Pesantren.

Listiawati, M., S I Cicilia, D., & Susantiningrum. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha di Mahasiswa FKIP UNS. Jurnal Kewirausahaan dan Bisnis, 25(1), 27 – 36. Dari https://jurnal.uns.ac.id/kewirausahaan-dan-bisnis/article/view/43386.

Penyusun, T. (2017). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Skripsi (Doctoral dissertation, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, Tugas Akhir, Laporan Penelitian. Malang: Universitas Negeri Malang).

Prasetio, T. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik, dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(1), 35-46. Dari https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/serasi/article/view/1040.

Pratiwi, Y & Wardana, I.M. (2016). Pengaruh Faktor Internal dan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. E – Jurnal Manajemen Unud, 5(8), 5215 – 5242. Dari https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/22691.

Pratomo, R.P.K., Mulyadi, H., & Utama, D.H. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII Pastry Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 9 Bandung. Journal of Business Management Education, 3(2), 67 – 77. Dari https://ejournal.upi.edu/index.php/JBME/article/view/14216.

Prilovia, H. & Iskandar. (2018). Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNSW Agati Cirebon. Jurnal Edunomic, 6(2), 57 - 64. Dari http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Edunomic/article/view/1510/894.

Rahayu, E.S & Laela, S. (2018). Pengaruh Minat Berwirausaha dan Penggunaan Sosial Media Terhadap Kewirausahaan Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 20(03), 203 – 216. Dari http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jpw/article/view/246.

Rahmiyanti, S & Nuraisiah, R. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen, Akuntansi dan Ilmu Komputer, Universitas Kota Serang). Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 5(2), 103 – 111. Dari https://jm.ejournal.id/index.php/mendidik/article/view/74.

Rajagukguk, Z. (2016). Karakteristik Kewirausahaan Pengusaha Kecil dan Strategi Pengembangan Usahanya di Masa Depan : Studi Kasus Pengusaha Pakaian Jadi di Depok. Jurnal Kependudukan Indonesia, 11(1), 49 – 62. Dari https://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/index.php/jki/article/view/67.

Rosmiati., Junias, D.T.S., & Munawar. (2015). Sikap, Motivasi, dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(1), 21 – 30. Dari http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/19227.

Sahroh, A.F. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Tingkat Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Surabaya. JUPE, 6(3), 208 – 215. Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jupe/article/view/25242.

Sari, I.M., Harahap, P., & Ridwan, R. (2018). Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha ( Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Langsa). Al – Muamalat Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(02), 179 – 200. Dari https://journal.iainlangsa.ac.id/index.php/muamalat/article/view/721.

Statistik, B. P. (2018). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2018. Badan Pus. Stat, (42/05), 1-16.

Suharyono. (2017). Sikap dan Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ilmu dan Budaya, 40(56), 6551 – 6585. Dari http://journal.unas.ac.id/ilmu-budaya/article/view/422.

Sukirman. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan Nilai Kewirausahaan Meningkatkan Kemandirian Usaha Melalui Perilaku Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 20(1), 113 – 132. Dari https://ejournal.uksw.edu/jeb/article/view/318.

Suyatno, A & Muhtarom, M. (2018). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Pembelajaran Kewirausahaan Terhadap Intensi Techopreneurship Mahasiswa Manajemen Ilmu Komputer. Prosiding SENDI_U, 171 – 177. Dari https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/5978.

Syarifuddin, D., Iskandar, I., & Hakim, L. (2017). Dampak Lingkungan Terhadap Minat Mahasiswa Pariwisata Berwirausaha ( Studi Kasus pada Mahasiswa STP ARS Internasional, Bandung). Jurnal Pariwisata, IV(1), 40 – 52. Dari https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jp/article/view/1831.

Wanto, S.F. (2014). Pengaruh Kemandirian dan Motivasi Berwirausaha Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMKN 1 Seyegan. E – Jurnal Pendidikan Vokasional Teknik Mesin, 2(3), 185 – 191. Dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/mesin/article/view/3379.

Wijayangka, C., Kartawinata, B.R., & Novrianto, B. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Universitas Telkom. Eco – Buss, 1(2), 73 – 79. Dari https://jurnal.kdi.or.id/index.php/eb/article/view/34.

Wulandari, R.P., Wagimin, Ign., & Susilowati, T. (2013). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Sebelas Maret, 4(1). Dari https://www.neliti.com/id/publications/118334/pengaruh-pembelajaran-kewirausahaan-dan-lingkungan-keluarga-terhadap-minat-berwi#cite.

Yulastri, A. (2019). Karakter Wirausaha. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-09-15

Issue

Section

Articles