Kemandirian belajar, pemanfaatan waktu, dan kondusifitas lingkungan belajar siswa pada proses pembelajaran daring di SMA Laboratorium UM pada masa pandemi Covid-19

Authors

  • Farida Kiky Oktaviani Universitas Negeri Malang
  • Yohanes Hadi Soesilo Universitas Negeri Malang
  • Wahjoedi Wahjoedi Universitas Negeri Malang
  • Lisa Rokhmani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i82021p702-710

Keywords:

kemandirian belajar, pemanfaatan waktu, kondusifitas lingkungan belajar, pembelajaran daring, independent learning, time management, conducive learning environment, online learning

Abstract

Abstract

Sistem pembelajaran yang diberlakukan pada masa pandemi Covid-19 berubah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk adaptasi agar pembelajaran tetap dapat dilaksanakan tanpa membuat kerumunan yang berpotensi memperluas penyebaran virus. Sistem pembelajaran berbasis daring merupakan cara yang dipilih pemerintah. Sebab pembelajaran ini dapat dilaksanakan dari rumah masing-masing. Dalam pembelajaran daring terdapat karakteristik yang berbeda dibandingkan pembelajaran tatap muka, dimana menuntut siswa untuk mengembangkan kemandirian belajar dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk melaksanakan pembelajaran juga menyelesaikan beban tugas yang diberikan. Selain itu kondusifitas lingkungan belajar siswa perlu diperhatikan agar siswa dapat fokus ketika mengikuti pembelajaran. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif agar dapat menjelaskan fenomena atau masalah yang ada khususnya di lokasi penelitian yaitu SMA Laboratorium UM.

Abstrak

The learning system that was implemented during the Covid-19 pandemic changed. This is done as a form of adaptation so that learning can still be carried out without making crowds that have the potential to expand the spread of the virus. The online-based learning system is the way the government has chosen. Because this learning can be carried out from their respective homes. In online learning, there are different characteristics compared to face-to-face learning, which requires students to develop independent learning and make the best time management to carry out learning as well as complete the assigned task load. In addition, the conduciveness of the student learning environment needs to be considered so that students can focus when participating in learning. For this reason, this research was conducted with a qualitative descriptive method in order to explain the phenomena or problems that exist, especially at the research location, namely SMA Laboratorium UM.

References

A.N, Sobron, Bayu, Rani, dan Meidawati S. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme Vol. 1, No. 2, Desember 2019. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Halaman: 30 – 38.

Arifin, Haris Nursyah. (2020). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Chovid-19 Di Madrasah Aliyah Al-Amin Tabanan. Sekolah Tinggi Agama Islam Denpasar. Widya Balina, 5(9), 1-12

Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Degeng, INS (2013). Ilmu Pembelajaran: Klasifikasi Variabel Untuk Pengembangan Teori dan Penelitian, Bandung: Aras Media

Degeng, INS. (1998). Mencari Paradigma Baru Masalah Belajar dari Keteraturan Kesemerautan. Pidato pengukuhan Guru Besar IKIP Malang.

Ditjen GTK Kemendikbud. (2016). Petunjuk Teknis Program Peningkatan Guru Pembelajar Moda dalam Jaringan (Daring). Jakarta.

Duraisy, B. R. (2019). Manajemen Waktu (Konsep dan Strategi).

Fitriani, Windi dkk. (2020). Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 828-834

Hadikusumo, Kunaryo, dkk. (1996). Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP. Semarang Press

Hamdani, Acep Roni, dkk. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, ISSN Cetak : 2477- 5673 ISSN Online : 2614-722X Volume VI Nomor 01, Juni 2020.

Hapsari, I. I., Puspitawati, I., & Suryaratri, D. R. (2017). Psikologi Faal. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Holmes, B., & Gardner, J. (2006). E - Learning Concept and Practice. Sage Publications.

Horton, William & Horton, Katherine. (2003). E-Learning Tools and Technologies: A consumer guide for trainers, teachers, educators, and instructional designers. USA: Wiley Publishing, Inc

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran RI Tahun, (20).

Indonesia, K. S. N. R. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia.

Irwanto. (1994). Psikologi Umum. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Jalaluddin Rakhmat. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Keirns, J. L. (1999). Designs for Self Instruction: Principle, Process, and Issues in Developing Self-Directed Learning (4th ed.). Massachusetts: Allyn & Bacon.

Kuo, et al. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. The internet and higher education, 20, 35-50.

Lexy. J. Moleong. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lin, E., & Lin, C. H. (2015). the Effect of TeacherStudent Interaction on Students ’ Learning Achievement in Online Tutoring Environment. International Journal of Technical Research and Applications E-ISSN: 2320-8163, 22(22), 19–22.

Martiana, Lusi Dewi. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung melalui. Metode Bermain dengan Media Ular Tangga pada Anak.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Mota, R., & Scott, D. (2014). Education for Innovation and Independent Learning In Education for Innovation and Independent Learning. https://doi.org/10.1016/C2013-0-19177-5

Murtiyasa, Budi. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Surakarta: FKIP Univ, Muhammadiyah Surakarta.

Mu'tadin, Z. (2002). Pengantar Pendidikan dan Ilmu Perilaku Kesehatan. Yogyakarta: Andi Offset.

Novianti, R.D & Syaichudin. (2010). Pengembangan media komik pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman bentuk soal cerita bab pecahan pada siswa kelas V SDN Ngembung. Journal Teknologi Pendidikan 10 (1).

Pawicara, Ruci dan Maharani Conilie. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember Di Tengah Pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29-38.

Prensky, M. (2010). Teaching Digital Natives Partnering for Real Learning. Thousand Oaks, CA Corwin.

Puspitasari, K. A., & Islam, S. (2003). Kesiapan belajar mandiri mahasiswa dan calon potensial mahasiswa pada pendidikan jarak jauh di Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 4(1), 11-22.

Rahman (2002). Peningkatan Kemandirian. Bandung: PT. Rineka Cipta. Sanjaya

Sari, Mila, (2020). Pengaruh Manajemen Waktu Siswa Terhadap Hasil Belajar Secara Daring Akibat Wabah Covid-19 Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Di SMK Negeri 5 Bandung.

Satrio, A. (2011). Kendala Dan Penerapan E-Learning. Journal Information, 10, 1– 16.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Sondang P Siagia. (2004). Teori Motivasi dan Aplikasinya cet ke 3. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif Rancangan Metodologi, Presentasi, dan Publikasi Hasil Penelitian untuk Mahasiswa dan Penelitian Pemula Bidang Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Thoha, Chabib. (1996). Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Tirtaraharja dan La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wina. (2008). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Paramedia Group.

Downloads

Published

2021-12-14

Issue

Section

Articles