Meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa melalui pengembangan Mobile Learning berbasis Android berbantuan Ispring Suite 9

Authors

  • Kiki Zilfia Auliatul Maurisa Universitas Negeri Malang
  • Wening Patmi Rahayu Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p546-558

Keywords:

penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, mobile learning, android, ispring suite 9, kemandirian belajar, hasil belajar, administrasi umum

Abstract

Penelitian pengembangan mobile learning berbasis android berbantuan Ispring Suite 9 untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik dilatar belakangi oleh kurangnya sumber belajar dan inovasi media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran mobile learning berbasis android berbantuan Ispring Suite 9 mata pelajaran Administrasi Umum untuk peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 2 Kediri yang kemudian untuk diuji kelayakannya melalui validasi tiga ahli serta menguji pengaruh mobile learning tersebut dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik yang telah menggunakannya. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R&D) teori dari Borg & Gall yang dimodifikasi menjadi 8 langkah. Uji coba lapangan dilakukan pada kelas X OTKP 3 di SMK Negeri 2 Kediri dengan jumlah 36 peserta didik. Selain itu teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif persentase. Penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran mobile learning berbasis android berbantuan Ispring Suite 9 pada mata pelajaran Administrasi Umum yang bernama “Stemrling” (Study Mobile Learning). Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media mencapai persentase sebesar 97,5% dan 97,36%, serta uji coba kelompok kecil mencapai 91,98%. Sedangkan untuk hasil penyebaran angket kemandirian belajar pada saat uji coba lapangan, kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing memperoleh skor sebesar 86% dan 69%. Selain itu, untuk hasil pelaksanaan post-test hasil belajar pada saat uji coba lapangan, kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing memperoleh skor 93% dan 83%. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa mobile learning yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran dan terbukti dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Saran yang diberikan untuk pengembangan produk selanjutnya adalah perlu dilakukan pengembangan pada kompetensi dasar lainnya serta dapat diunggah pada platform digital, seperti di playstore atau di iOS.

References

Alfiyansah, R. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran ISpring Presenter Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Keperawatan Dasar Nutrisi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14 (2), 363¯369. DOI: 10.17509/pedagogia.v14i2.3886.

Alhafidz, M. R. L., & Haryono, A. (2018). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11 (7), 118¯124. DOI: 10.17977/UM014v11i22018p0107.

Ana, A., & Achdiani, Y. (2017). Penerapan Self Regulated Learning Berbasis Internet Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Innovation of Vicational Technology Education, 11 (1), 15¯22. DOI: https: 10.17509/invotec.v11i1.4835.

Andi. (2010). Microsoft power point 2010. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Biswas, B., Roy, S. K., & Roy, F. (2020). Students Perception of Mobile Learning During COVID-19 In Bangladesh: University Student Perspective. Aquademia, 4 (2), 1¯9. DOI: 10.29333/aquademia/8443.

Briz-Ponce, L., Juanes-Méndez, J. A., García-Peñalvo, F. J., & Pereira, A. (2016). Effects of Mobile Learning in Medical Education: A Counterfactual Evaluation. Journal of Medical System, 40 (6), 136. DOI: 10.1007/s10916-016-0487-4.

Chung, C. J., Hwang, G. J., & Lai, C. L. (2019). A Review of Experimental Mobile Learning Research In 2010–2016 Based On The Activity Theory Framework. Computers & Education, 129, 1¯13. DOI: 10.1016/j.compedu.2018.10.010.

Damayanti, E. (2018). Efektifitas Penggunaan Media Ispring Suite 8 Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas X SMAN 5 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9).

Hapidz, R. A., Sumardi, K., & Komaro, M. (2019). Desain dan Pembuatan Media Pembelajaran Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Sistem dan Instalasi Tata Udara. Journal of Mechanical Engineering Education, 6 (1), 71¯79. DOI: 10.17509/Jmee.V6i1.18245.

Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Android Based Computer Assisted Instruction Development as a Learning Resource for Supporting Self-Regulated Learning. International Journal of Instruction, 12 (3), 389¯404. DOI: 10.29333/iji.2019.12324a.

Himmah, F., & Martini, M. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 Pada Sub Materi Zat Aditif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 5 (2), 73¯82. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.

Huda, M. N., Mulyono, M., Rosyida, I., & Wardono, W. (2019). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning. Jurusan Matematika, In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 798¯806. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/.

Irawan, C., & Rww, E. T. D. (2018). Developing Instructional Media Mobile Learning Based Android To Improve Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 4 (3), 117¯124. DOI: 10.17977/um003v4i32018p117.

Jalinus, N., & Ambiyar, (2016). Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.

Jatmiko, B. B., Sugiyarto, K. H., & Ikhsan, J. (2018). Developing ChemonDro Application on Redox Concepts to Improve Self-Regulated Learning of Students. Journal Physics: Conference Series, 1097, 1¯10. DOI: 10.1088/1742-6596/1097/1/012055.

Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). Ebook Berbasis Mobile Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1 (2), 6. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3705/2775.

Martono, K. T., & Nurhayati, O. D. (2014). Implementation of Android Based Mobile Learning Application As A Flexible Learning. International Journal of Computer Science Issues, 11 (3), 168¯174.

Mulyadi, S., Basuki, M. H., & Rahardjo, W. (2016). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Muyaroah, S., & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6 (2), 79¯83. DOI: 10.15294/IJCET.V6I2.19336.

Ngandhika, E. P., Rustiana, E.R., & Pramono, H. (2018). Development of Android-Based Rhythmic Activity Learning Media on Physical Education in High School. Journal of Physical Education and Sports, 7 (2), 106¯112. DOI: 10.15294/jpes.v7i2.23612.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A., & Pradnyana, G. A. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja 10. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 14 (1), 40¯49. DOI: 10.23887/jptk-undiksha.v14i1.9880.

Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6 (2), 116¯1126. DOI: 10.21831/jitp.v6i2.27414.

Rahmawati, E. M., & Mukminan. (2017). Pengembangang M-Learning Untuk Mendukung Kemandirian dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4 (2), 157¯166. DOI: 10.21831/jitp.v4i2.12726.

Rifai, A., Sulton, & Sulthoni. (2020). Pengembangan Media Mobile Learning Sebagai Pendukung Sumber Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3 (1), 10¯17. DOI: 10.17977/um038v3i12019p010.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. PT Kharisma Putra Utama.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6 (2), 109¯119. DOI: 10.22437/bio.v6i2.9759.

Sapitri, D., & Bentri, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Inovation Technology Education, 2 (01), 8. DOI: 10.24036/Inovtech.V2i01.115.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2 (2), 103¯114. DOI: 10.32585/jkp.v2i2.113.

Tani, S., & Ekawati, E. Y. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik pada Materi Teori Kinetik Gas Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis iSpring Suite 8. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 7 (2), 13¯16. DOI: 10.20961/jmpf.v7i2.31454.

Wijaya, A. Y. P., & Wibawa, S. C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Jaringan Komputer Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMK Antartika Surabaya. Jurnal Information Technology and Education, 1 (2), 49¯53. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.

Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 04 (03), 845¯849.

Zheng, L., Li, X., & Chen, F. (2016). Effects of Mobile Self-Regulated Learning Approach On Students’ Learning Achievements and Self-Regulated Learning Skills. Innovations in Education and Teaching International, 1¯9. DOI: 10.1080/14703297.2016.1259080.

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles