Meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik menggunakan Kvisoft Flipbook Maker berbasis Android

Authors

  • Siti Akhlaqul Karimah Universitas Negeri Malang
  • Madziatul Churiyah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um066v1i62021p538-545

Keywords:

penelitian dan pengembangan, e-modul, kvisoft flipbook maker, android, kemandirian, hasil belajar

Abstract

Pendidikan merupakan aset yang paling penting bagi sumber daya manusia. Pendidikan juga akan terus berkembang dari waktu ke waktu sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan keefektifan dalam suatu pembelajaran. Dengan hal ini, perlu dikembangkannya bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan serta memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Penelitian dan pengembangan menggunakan metode Research and Development Borg and Gall yang telah dimodifikasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah pengembangan E-Modul Berbasis Android Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Humas yang telah dinyatakan sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran humas oleh ahli materi dan ahli media dan 6 peserta didik uji coba kelompok kecil serta terbukti secara signifikan pada uji coba kelompok besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul Humas layak digunakan untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Humas.

References

Asda, V. D. (2021) ‘EDUKATIF : Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa’, JURNAL ILMU PENDIDIKAN 3(3), pp. 710–716.

Avisah, M. N. and Bachri, B. S. (2020) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Smartphone Materi Pokok Narkoba Dan Psikotropika Mata Pelajaran Penjaskes Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sma Muhammadiyah 7 Surabaya’, Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 10, pp. 1–8.

Aw, S., Rosidah, R., & Kumoro, J. (2015). Pemetaan Kompetensi, Tugas, dan Pekerjaan Sekretaris di Dunia Kerja. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 13(1).

Badrudin, A. R., Ginanjar, M. H. and Wartono, W. (2020) ‘the Effectiveness of Online Based Learning During the Covid-19 Pandemic At Private School in Bogor’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(02), p. 480. doi: 10.30868/ei.v9i02.909.

Damarsasi, D. G., & Saptorini, S. (2018) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Flip Book Maker Materi’, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27, pp. 1–10.

Divayana, D. G. H. et al. (2019) ‘The Design of Digital Book Content for Assessment and Evaluation Courses by Adopting Superitem Concept Based on Kvisoft Flipbook Maker in era of Industry 4.0’, Journal of Physics: Conference Series, 1165(1), pp. 0–6. doi: 10.1088/1742-6596/1165/1/012020.

Dwiantoro, A. Y. and Kusumandari, R. B. (2016) ‘Meningkatkan Hasil Belajar Berbasis E-learning Elgg pada Model Project Based Learning’, Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 4(2), pp. 49–57. doi: 10.15294/ijcets.v4i2.14306.

Fonda, A. and Sumargiyani, S. (2018) ‘the Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro for Xi Grade of Senior High School Students’, Infinity Journal, 7(2), p. 109. doi: 10.22460/infinity.v7i2.p109-122.

Fredy, F., Prihandoko, L. A. and Anggawirya, A. M. (2020) ‘The Effect of Learning Experience on the Information Literacy of Students in the Ri-Png Border During Covid-19 Period’, International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(10), p. 171. doi: 10.18415/ijmmu.v7i10.2067.

Herawati, N. S. and Muhtadi, A. (2018) ‘Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA’, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), pp. 180–191. doi: 10.21831/jitp.v5i2.15424.

Lestari, S. (2018) ‘Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi’, Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), pp. 94–100. doi: 10.33650/edureligia.v2i2.459.

Linda, R. et al. (2018) ‘Interactive E-Module Development through Chemistry Magazine on Kvisoft Flipbook Maker Application for Chemistry Learning in Second Semester at Second Grade Senior High School’, Journal of Science Learning, 2(1), p. 21. doi: 10.17509/jsl.v2i1.12933.

Mertayasa, I. N. E., Agustini, K. and Santyasa, I. W. (2018) ‘Efektivitas E-Modul Berorientasi Modalitas Gaya Belajar Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data Kelas XI TKJ di SMK Negeri 3 Singaraja’, Seminar Nasional Pendidikan Teknik Informatika (SENAPATI), 9(September), pp. 81–84.

Mishra, L., Gupta, T. and Shree, A. (2020) ‘Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic’, International Journal of Educational Research Open, 1(August), p. 100012. doi: 10.1016/j.ijedro.2020.100012.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N. and Pudjawan, K. (2020) ‘Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning’, Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), p. 17. doi: 10.23887/jeu.v8i2.28921.

Putra, K. W. B., Wirawan, I. M. A. and Pradnyana, G. A. (2017) ‘Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja’, Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(1), pp. 40–49. doi: 10.23887/jptk.v14i1.9880.

Putri, R. A., Uchtiawati, S. and Fauziyah, N. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Flip Book Menggunakan Kvisoft Flip Book Maker Berbasis Seni Budaya Lokal’, DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 26(2), p. 1. doi: 10.30587/didaktika.v26i2.1468.

Ramdhani, M. A. and Muhammadiyah, H. (2015) The Criteria of Learning Media Selection for Character Education in Higher Education’, Proceeding International Conference of Islamic Education: Reforms, Prospects and Challenges Faculty of Tarbiyah and Teaching Training The Criteria of Learning Media Selection for Character Education in Higher Education, pp. 174–182.

Sari, P. R., Tusyantari, N. B. and Suswandari, M. (2021) ‘DAMPAK PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SELAMA SELAMA COVID-19 Universitas Veteran Bangun Nusantara , Sukoharjo’, Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), pp. 9–15.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke. Bandung: Alfabetha cv.

Wibowo, E. and Pratiwi, D. D. (2018) ‘Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan’, Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), p. 147. doi: 10.24042/djm.v1i2.2279.

Yuliawati, L., Aribowo, D. and Hamid, M. A. (2020) ‘Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik’, Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 5(1), pp. 35–42.

Downloads

Published

2021-11-01

Issue

Section

Articles